Connect With Us

Ini Layanan Kesehatan Hewan di Puskeswan Kabupaten Tangerang

Faisal Fazri | Rabu, 16 Juni 2021 | 13:44

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) melayani cek kesehatan hewan jenis kucing di Jalan Parahu, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang, Rabu 16 Juni 2021. (@TangerangNews / Faisal Fazri)

TANGERANGNEWS.com-Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kabupaten Tangerang melayani cek kesehatan untuk berbagai jenis hewan setiap harinya. 

Puskeswan yang berada di Jalan Parahu, Kecamatan Sukamulya ini, merupakan satu - satu UPTD di Kabupaten Tangerang. 

Kepala UPTD Puskeswan Kabupaten Tangerang Drh. Asmiaty menjelaskan memang UPTD ini hanya ada satu di Kabupeten Tangerang, namun pelayanannya berada di tiga tempat yaitu Pos pelayanan Teluknaga, Panongan dan Balaraja. 

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) melayani cek kesehatan hewan kucing di Jalan Parahu, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang, Rabu 16 Juni 2021.

"Untuk pos pelayanan Teluknaga melayani pada hari Selasa saja, di Panongan setiap hari Rabu, sedangkan di Balaraja melayani pada hari Senin - Jumat pukul 09.00 - 15.00 WIB untuk umum, pukul 09.00 - 14.00 WIB untuk bedah," jelasnya, Rabu 16 Juni 2021.

	Seekor hewan jenis kucing.

UPTD Puskeswan ini memilik tiga pelayanan utama yaitu pelayanan aktif, semi aktif dan pasif.

Pelayanan aktif merupakan pelayanan yang bersifat terjadwal, yang mana petugas puskeswan akan datang ke beberapa desa untuk melakukan pengecekan atau penyuluhan.

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) melayani cek kesehatan hewan kucing di Jalan Parahu, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang, Rabu 16 Juni 2021.

Untuk pelayanan semi aktif merupakan pelayanan yang sifatnya menerima laporan yang nantinya petugas dari puskeswan akan datang. Umumnya hal ini dilakukan oleh peternak yang membutuhkan pertolongan, seperti pada hewan yang melahirkan.

Sedangkan pelayanan pasif merupakan pelayanan sehari-hari, dimana para pemilik hewan yang datang sendiri ke sini.

Ruangan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) untuk melayani cek kesehatan hewan di Jalan Parahu, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang, Rabu 16 Juni 2021.

Tidak hanya itu, UPTD Puskeswan sendiri tidak hanya melayani cek kesehatan saja namun juga melayani tindak pelayanan khusus seperti operasi cesar, USG, sambung usus, atau bedah kantung kemih.

Adapun program yang sudah di jalani UPTD Puskeswan sendiri yaitu vaksinasi rabies dan juga sterilisasi pada kucing atau anjing jantan maupun betina.

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) besrta antibiotik dan keperluan lainya untuk berbagai jenis hewan di Jalan Parahu, Kecamatan Sukamulya, Kabupaten Tangerang, Rabu 16 Juni 2021.

UPTD Puskeswan Kabupaten Tangerang pun membolehkan bagi warga di luar Kabupaten Tangerang untuk membawa hewan peliharaannya datang ke sini, bahkanlebih dari satu hewan. 

"Kami tidak mempermasalahkan untuk masyarakat di luar Kabupaten Tangerang untuk datang ke sini, dan saya juga memperbolehkan seandainya pemilik hewan punya lebih dari satu hewan terjangkit penyakit yang sama untuk membawanya ke sini," pungkasnya. 

Fasilitas yang lengkap dan tempat yang bersih membuat UPTD Puskeswan sering menuai pujian dari pemilik hewan yang merasa puas membawa hewan peliharaannya kesini.

"Iya enak banget tempatnya bersih, dokternya juga baik - baik jadi kita merasa tepat membawa hewan kita yang lagi bermasalah ke sini," ucap Ilham, salah satu pemilik hewan. (RAZ/RAC)

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill