Connect With Us

Kisah Tiga Kaisar yang Menjaga Tigaraksa Tangerang

Tim TangerangNews.com | Jumat, 6 Agustus 2021 | 13:58

| Dibaca : 1569

Tampak tugu Tigaraksa yang berlokasi di Jl. Pemda Tigaraksa, Kadu Agung, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. (@TangerangNews / Hilda Ulya)

TANGERANGNEWS.com - Sejarah dari Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, ini merupakan kisah menarik yang mungkin tidak banyak diketahui masyarakat.

Nama daerah ini diambil dari kata Tiga Meraksa yang merujuk pada tiga orang yang menjaga dan menempatkan tiga pendekarnya di kawasan ini yaitu Syekh Mubarok, Ki Seteng, dan Ki Maslaeng. 

Adapun patung yang diabadikan di Tugu Bundaran Bugel yaitu ada tiga orang bersaudara yang menjaga untuk Tigaraksa ini. 

Kala itu, menurut cerita rakyat versi dari Ki Seteng dan Ki Maslaeng, berdirinya Tigaraksa ini karena Ki Seteng dan Ki Maslaeng merantau ke Tigaraksa untuk memperjuangkan Tigaraksa, lalu mereka bertemu dengan Syeh Mubarok.

Karena pada saat itu Ki Seteng dan Ki Maslaeng beragama non-muslim, mereka berseteru adu kekuatan dengan Syeh Mubarok.

Perseteruan mereka tidak ada yang kalah dan tidak ada yang menang, akhirnya Ki Seteng dan Ki Maslaeng menyerah dan membaca dua kalimat syahadat mengukuti ajaran Syeh Mubarok dan masuk agama islam. 

Selain itu, menurut cerita Abdul Ghofar keturunan ke lima dari versi Syeh Mubarok, menceritakan bahwa Tigaraksa ini terbentuk oleh tiga orang yaitu Syeh Mubarok, Syeh Mas Masad dan Arya Jaya Santika.

Hubungan Syeh Mubarok, Ki Seteng dan Ki Maslaeng itu merupakan anak buah dari Syeh Mubarok yang memperjuangkan Tigaraksa ini.

Kenapa Ki Seteng dan Ki Masleng bertengkar dengan Syeh Mubarok? 

Pada saat itu keduanya disuruh masuk islam tidak mau, Syeh Mubarok marah dan berseteru mengadu kekuatan. 

Akhirnya Ki Seteng dan Ki Mas Laeng menyerah dan membaca dua kalimat syahadat untuk masuk Islam. Inti penyebab perseteruan ini karena perbedaan agama antara Syeh Mubarok, Ki Seteng dan Ki Mas Laeng.

Begitulah kurang lebih kisah soal nama Tigaraksa. Pesan yang harus diambil dari kisah Tigaraksa ini, kita sebagai umat islam harus menjunjung tinggi para leluhur dan para ulama yang memperjuangkan Tigaraksa. Senantiasa beliau bisa menjaga adanya tigaraksa menjadi aman.

PROPERTI
Grand Almas Residence, Rumah Mewah Rp300 Jutaan di Tigaraksa

Grand Almas Residence, Rumah Mewah Rp300 Jutaan di Tigaraksa

Minggu, 5 Desember 2021 | 09:22

TANGERANGNEWS.com-Dwijaya Karya Group melalui PT Karya Cipta Papan meresmikan unit rumah contoh untuk proyek terbarunya di Tigaraksa, Kabupaten Tangerang

TOKOH
Banting Mahasiswa di Tangerang, IPW: Brigadir NF Langgar Protap

Banting Mahasiswa di Tangerang, IPW: Brigadir NF Langgar Protap

Kamis, 14 Oktober 2021 | 08:23

TANGERANGNEWS.com–Indonesia Police Watch (IPW) menilai tindakan oknum polisi Brigadir NP yang membanting mahasiswa saat pengamanan unjuk rasa rasa di depan Kantor Bupati Tangerang, Banten

MANCANEGARA
Alhamdulillah, 18.752 Jemaah Umrah Akhirnya Berangkat Desember

Alhamdulillah, 18.752 Jemaah Umrah Akhirnya Berangkat Desember

Selasa, 30 November 2021 | 13:54

TANGERANGNEWS.com-Setelah sempat ditunda cukup lama akibat COVID-19, akhirnya para jemaah umrah Indonesia bisa berangkat ke tanah suci pada bulan Desember 2021

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin