Connect With Us

Cari Kerja Lebih Mudah dengan Aplikasi SiapKerja dari Disnaker Kabupaten Tangerang

Tim TangerangNews.com | Jumat, 15 Oktober 2021 | 10:27

| Dibaca : 577

Acara sosialisasi Sistem Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan (SiapKerja) Kabupaten Tangerang. (@TangerangNews / Humas Pemkab Tangerang)

TANGERANGNEWS.com – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang dalam menghadapi era digital seperti sekarang ini, membuat inovasi di bidang ketenagakerjaan untuk memberi kemudahan bagi masyarakat di wilayah Kabupaten Tangerang. 

Disnaker Kabupaten Tangerang mensosialisasikan platform digital bagi layanan publik dan aktivitas di bidang ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang bernama Sistem Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan (SiapKerja) pada Kamis 14 Oktober 2021.

Kegiatan sosialisasi tersebut berlangsung selama tiga hari dari 12 hingga 14 Oktober 2021 di Hotel Grand Soll Marina, Jatiuwung, Kota Tangerang.  Pesertanya  dari kalangan perusahaan, Bursa Kerja Khusus (BKK), dan juga Lembaga Pelatihan Kerja (LPK). 

"Dengan aplikasi SiapKerja, Disnaker berupaya untuk menjembatani para pencari kerja mendapatkan pekerjaan dan juga penyedia lapangan kerja untuk mendapatkan tenaga kerja yang tepat, melalui satu pintu," kata Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kabupaten Tangerang, Iis Kurniati.

Aplikasi SiapKerja yang akan digunakan ini merupakan pengembangan dari aplikasi yang dibuat pada tahun 2020 lalu.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, para peserta diberikan materi seputar informasi pengoperasian aplikasi, mulai dari pembuatan akun hingga penginformasian lowongan kerja dan fitur-fitur lainnya.

“Fitur-fitur yang ada pada aplikasi SiapKerja akan memudahkan perusahaan dan juga BKK dan LPK yang merupakan perpanjangan tangan bagi Disnaker, yang mungkin sebelumnya harus mengurus secara langsung sekarang dapat dilakukan secara online,” jelasnya.

Salah satu fitur, yakni layanan bagi perusahaan untuk mendaftarkan laporan keberadaan Tenaga Kerja Asing (TKA) dan pendampingnya secara online.

Tak hanya para penyedia lapangan kerja yang mendapat kemudahan, dalam aplikasi SiapKerja ini pun masyarakat dimudahkan dengan layanan membuat kartu tanda pencari kerja (AK1) secara online yang dapat langsung dicetak sendiri di rumah masing-masing.

Selanjutnya Iis berharap dengan adaya aplikasi SiapKerja ini dapat memfasilitasi kebutuhannya masyarakat mengenai pelayanan ketenagakerjaan serta dapat membantu para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan begitu angka pengangguran di Kabupaten Tangerang dapat menurun dan angka penempatan tenaga kerja dapat meningkat. 

Sementara itu, partisipan terlihat sangat antusias dan aktif mengikuti kegiatan tersebut. Mereka merasa sangat terbantu dengan adanya sistem aplikasi tersebut, sehingga pelaporan terkait ketenagakerjaan sangat dipermudah.

Salah satunya Mia Permatasari, peserta yang berasal dari BKK SMK Islamic Village menuturkan bahwa aplikasi SiapKerja ini cukup memudahkan para alumni untuk mendapatkan pekerjaan.

“Dengan adanya aplikasi SiapKerja ini memudahkan kami terutama untuk membantu para alumni karena kami dapat bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang memang sudah terdaftar di aplikasi ini. Selain itu, fitur-fiturnya juga cukup lengkap dan mudah untuk digunakan,” ungkap Mia.

Adapun bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan tersebut dapat diakses dengan mengunjungi halaman website https://siapkerja.tangerangkab.go.id/. Aplikasi tersebut juga dapat diunduh pada laman yang tertera.

TANGSEL
Mayoritas Belum Berizin, Benyamin Janji Tanggung Biaya Legalitas UMKM di Tangsel

Mayoritas Belum Berizin, Benyamin Janji Tanggung Biaya Legalitas UMKM di Tangsel

Rabu, 1 Desember 2021 | 13:07

TANGERANGNEWS.com-Puluhan ribu unit Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergeliat di Kota Tangerang Selatan belum memiliki legalitas

BISNIS
Wajib Tahu, 5 Manfaat Saffron untuk Kulit Wajah

Wajib Tahu, 5 Manfaat Saffron untuk Kulit Wajah

Selasa, 30 November 2021 | 13:47

TANGERANGNEWS.com–Bunga saffron tengah naik daun beberapa tahun terakhir. Rempah-rempah yang berasal dari putik bunga Crovus sativus ini dikenal sebagai bunga termahal di dunia, karena selain cara memanennya yang suli

KOTA TANGERANG
Warga Pengayoman Tangerang Kaget Tagihan PDAM Membengkak dari Rp55 Ribu Jadi Rp4,5 Juta

Warga Pengayoman Tangerang Kaget Tagihan PDAM Membengkak dari Rp55 Ribu Jadi Rp4,5 Juta

Rabu, 1 Desember 2021 | 15:58

TANGERANGNEWS.com-Pelanggan PDAM Tirta Benteng, Kota Tangerang terkejut dengan tagihan air bersih yang membengkak nyaris 10 kali lipat dibanding biasanya

HIBURAN
500 Siswa se-Indonesia Ikut Kompetisi Virtual Sekolah Pahoa Tangerang

500 Siswa se-Indonesia Ikut Kompetisi Virtual Sekolah Pahoa Tangerang

Selasa, 23 November 2021 | 17:17

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak lebih dari 500 siswa se-Indonesia mengikuti Pahoa Fun Sport and Activities (PASS) 202, kompetisi secara daring yang digelar Sekolah Terpadu Pahoa, Gading Serpong, Kabupaten Tangerang

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin