Connect With Us

Alhamdulillah, 346 Ponpes di Kabupaten Tangerang Dapat Bantuan Sanitasi

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 20 Oktober 2021 | 15:32

| Dibaca : 233

Ilustrasi pembangunan toilet. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Dari 800 pondok pesantren (ponpes) yang ada di Kabupaten Tangerang saat ini, sebanyak 346 ponpes di antaranya memperoleh bantuan program Sanitren (sanitasi berbasis pesantren) dari pemerintah daerah setempat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid mengatakan program ini bertujuan agar sanitasi di pondok pesantren lebih bersih dan nyaman.

Sehingga menepis anggapan bahwa pondok pesantren merupakan tempat kumuh dan tidak tertata, seiring dengan kondisi sanitasi yang dinilai memprihatinkan. 

"Program unggulan ini merupakan bentuk kepedulian dan perhatian pemerintah daerah untuk memberikan bantuan pembangunan sanitasi untuk pondok pesantren yang ada di Kabupaten Tangerang," ujar Maesyal seperti dilansir dari Republika, Rabu 20 Oktober 2021.

Menurutnya ada total 346 ponpes di Kabupaten Tangerang yang mendapat bantuan ini sejak program dimulai pada tahun 2018.

Pada 2018 tercatat ada 46 ponpes yang memperoleh bantuan, dilanjutkan pada 2019 sebanyak 150 ponpes, sementara pada 2020 tidak diberikan lantaran faktor pandemi Covid-19.

"Untuk 2021 bantuan Sanitren digelontorkan kepada 150 ponpes sehingga totalnya 346 ponpes," katanya.

Angka total tersebut menunjukkan bantuan Sanitren terealisasi kepada hampir setengah dari jumlah ponpes di Kabupaten Tangerang yang diketahui sebanyak 800 ponpes.

"Separuh lagi sesuai dengan arahan pimpinan, bupati dan wakil bupati, akan kita selesaikan dalam dua atau tiga tahun mendatang supaya semua pondok pesantren mendapatkan sanitasi yang layak," jelas Maesyal.

Dalam program Sanitren itu, pemerintah membangun sarana sanitasi berupa layanan air bersih untuk mandi dan mencuci, serta untuk pembangunan toilet atau WC di lingkungan ponpes. 

Kepala Bidang Perencanaan Prasarana Wilayah pada Bappeda Kabupaten Tangerang Erwin Mawandy mengatakan perbaikan sanitasi dalam program Sanitren tersebut dilakukan secara bertahap dengan skema pelaksanaan secara mandiri oleh ponpes yang bersangkutan. 

"Mekanisme pelaksanaan dilakukan secara swakelola oleh pondok pesantren terkait. Dan diperkirakan pembangunan dapat tercapai hingga akhir tahun 2021," kata Erwin.

Sementara anggaran yang digelontorkan untuk merealisasikan program itu, Erwin menuturkan jumlahnya mencapai hingga Rp20 miliar.

"Dengan alokasi masing-masing Ponpes sebesar Rp130 juta yang penyalurannya dikerjasamakan dengan Kementerian Agama Kabupaten Tangerang," ungkapnya. 

KAB. TANGERANG
Mahasiswa Untara Minta Maaf Soal Tudingan Potongan Dana KIP

Mahasiswa Untara Minta Maaf Soal Tudingan Potongan Dana KIP

Jumat, 3 Februari 2023 | 16:28

TANGERANGNEWS.com-Mahasiswa Universitas Tangerang Raya (Untara) meminta maaf atas tudingan pemotongan dana Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah kepada pihak kampus.

SPORT
Laga Persita vs Persija Jakarta Disebut Bakal Ngungsi ke Pakansari Bogor Imbas Insiden Pelemparan Bus

Laga Persita vs Persija Jakarta Disebut Bakal Ngungsi ke Pakansari Bogor Imbas Insiden Pelemparan Bus

Senin, 6 Februari 2023 | 09:44

TANGERANGNEWS.com- Pertandingan pekan ke-23 Liga 1 BRI 2022-2023 akan mempertemukan skuad Persita Tangerang melawan Persija Jakarta, Selasa 7 Februari 2023, pukul 15.00 WIB.

PROPERTI
Paramount Land Luncurkan Hunian Mewah Pertamanya di Gading Serpong, Hanya 182 Unit

Paramount Land Luncurkan Hunian Mewah Pertamanya di Gading Serpong, Hanya 182 Unit

Kamis, 15 Desember 2022 | 14:59

TANGERANGNEWS.com-Paramount Land memberikan kejutan dengan menghadirkan hunian luxurious, Matera Residences di Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, jelang penghujung tahun 2022.

BANDARA
4,9 Kg Ganja Sinte Diamankan Polres Bandara Soekarno Hatta dari Sindikat Pengedar

4,9 Kg Ganja Sinte Diamankan Polres Bandara Soekarno Hatta dari Sindikat Pengedar

Kamis, 2 Februari 2023 | 23:00

TANGERANGNEWS.com-Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polresta Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Kota Tangerang, mengamankan ganja sintetis atau sinte seberat 4,9 kg dari sindikat pengedar antar daerah.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill