Connect With Us

Kabupaten Tangerang Punya Alat Deteksi Gempa & Tsunami Canggih

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 21 Oktober 2021 | 13:19

| Dibaca : 300

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang Tifna Purnama. (@TangerangNews / tangerangkab.go.id)

TANGERANGNEWS.com-Kabupaten Tangerang memiliki pantai di wilayah utara yang berpotensi terkena bencana tsunami jika terjadi gempa kuat.

Karena itu, Kabupaten Tangerang dilengkapi alat pendeteksi gempa dan tsunami untuk  mengantisipasi bencana.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang Tifna Purnama menjelaskan nama alat tersebut adalah Ina TEWS (Indonesia Tsunami Early Warning System) Newgen, yang merupakan bantuan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat.

"Berfungsi untuk mengirimkan informasi terkini saat terjadi gempa bumi di tiap daerah di Indonesia," katanya, Kamis 21 Oktober 2021.

Dengan informasi tersebut, pemerintah khususnya instansi yang terkait penanggulangan bencana dapat segera melakukan proses evakuasi terhadap masyarakat.

Informasi yang didapatkan tidak hanya di Kabupaten Tangerang, namun seluruh Indonesia, baik gempa maupun tsunami.

"Melalui alat ini, bisa membantu kami dan masyarakat untuk mengambil langkah dan kebijakan apa yang harus dilakukan,” ucap Tifna.

Alat tersebut akan memberikan sinyal peringatan dan informasi detail tentang lokasi gempa, waktu, magnitudo, kedalaman getaran, kekuatan gempa, dan sebagainya. 

"Misal ada gempa di wilayah perairan Kabupaten Tangerang khususnya di pantai selatan, maka tidak sampai tiga menit setelah ada gempa kami langsung infokan ke masyarakat setempat dan stakeholder yang terkait," jelasnya.

HIBURAN
Waspada, 5 Penyakit Mobil yang Kerap Muncul Usai Mudik Lebaran

Waspada, 5 Penyakit Mobil yang Kerap Muncul Usai Mudik Lebaran

Minggu, 8 Mei 2022 | 16:19

TANGERANGNEWS.com-Momentum mudik Lebaran Idul Fitri 1443H menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat khususnya bagi mereka yang pergi merantau dari kampung halaman

NASIONAL
Menko Airlangga Sebut Kebijakan People-Firsta Dukung Pencapaian Signifikan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Menko Airlangga Sebut Kebijakan People-Firsta Dukung Pencapaian Signifikan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Kamis, 26 Mei 2022 | 19:56

TANGERANGNEWS.com-Momentum Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 bersamaan dengan kondisi dunia yang sedang berjuang bersama untuk menghadapi dampak akibat pandemi Covid-19.

PROPERTI
BTN Gelar Pameran Properti, Serpong dan Bintaro Jadi Kawasan Favorit

BTN Gelar Pameran Properti, Serpong dan Bintaro Jadi Kawasan Favorit

Senin, 16 Mei 2022 | 16:23

TANGERANGNEWS.com-PT Bank Tabungan Negara (BTN) (Persero) Tbk kembali menggelar Indonesia Property Expo (IPEX) ke-38 pada tanggal 15 Mei hingga 22 Mei 2022, di Hall A Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta.

BISNIS
Airlangga: Perluasan Industri Didorong Melalui Pembentukan Pusat-pusat Kegiatan Ekonomi Baru

Airlangga: Perluasan Industri Didorong Melalui Pembentukan Pusat-pusat Kegiatan Ekonomi Baru

Rabu, 25 Mei 2022 | 11:45

Dalam momentum pemulihan ekonomi pasca-pandemi saat ini, industri merupakan salah satu sektor produktif yang memainkan peran penting dalam mengakselerasi geraknya roda perekonomian.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill