Connect With Us

10 Posko Pantauan Bencana Disiapkan di Kabupaten Tangerang, Ini Lokasinya

Tim TangerangNews.com | Jumat, 22 Oktober 2021 | 23:12

| Dibaca : 766

Salah satu titik posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tangerang, Banten. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tangerang, Banten menyiapkan posko pantauan dan informasi di 10 titik untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir di daerah itu.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Tangerang Abdul Munir mengatakan bahwa langkah penyiapan posko bencana ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya potensi banjir saat musim hujan. "Di pos-pos pemantauan akan dilengkapi perahu karet, baju pelampung dan motor pompa," kata Munir di Tangerang, Jumat 22 Oktober 2021, dikutip dari Antara.

Munir menyebutkan, untuk 10 posko pemantauan bencana itu akan dibangun di Kecamatan Kosambi, Pakuhaji, Sepatan, Mauk, Kronjo, Balaraja, Cisoka, Tigaraksa, Sepatan, dan Kelapa Dua.

Selain itu, lanjut dia, dalam mengantisipasi terjadinya bencana, BPBD Kabupaten Tangerang juga telah membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana), dengan menyiapkan relawan yang sudah dibekali pengetahuan pada setiap Destana.

"Jadi tiap relawan juga pengurus bertanggung jawab untuk mengedukasi masyarakat seputar kebencanaan," ujarnya.

Adapun Destana yang telah terbentuk di Kabupaten Tangerang yaitu sebanyak 107 dari total target sebanyak 274 Destana.

"Untuk pembangunan Destana ditargetkan hingga akhir 2023 dengan total 274 Destana di desa/kelurahan," ungkapnya.

Munir menambahkan, BPBD Kabupaten Tangerang dalam bentuk kesiapsiagaan menghadapi terjadinya bencana telah menyiapkan Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana atau Pusdalops.

“Pusdalop sebagai sistem informasi dan komunikasi penanggulangan bencana yang bekerja sama dengan Diskominfo melalui layanan nomor tunggal 112 untuk keadaan darurat,” jelasnya.

HIBURAN
500 Siswa se-Indonesia Ikut Kompetisi Virtual Sekolah Pahoa Tangerang

500 Siswa se-Indonesia Ikut Kompetisi Virtual Sekolah Pahoa Tangerang

Selasa, 23 November 2021 | 17:17

TANGERANGNEWS.com-Sebanyak lebih dari 500 siswa se-Indonesia mengikuti Pahoa Fun Sport and Activities (PASS) 202, kompetisi secara daring yang digelar Sekolah Terpadu Pahoa, Gading Serpong, Kabupaten Tangerang

NASIONAL
Guguran Awan Panas Gunung Semeru Kembali Terjadi, Warga Panik Berhamburan

Guguran Awan Panas Gunung Semeru Kembali Terjadi, Warga Panik Berhamburan

Senin, 6 Desember 2021 | 16:11

TANGERANGNEWS.com - Gunung Semeru kembali terlihat memuntahkan awan panas, Senin 6 Desember 2021, sekitar pukul 09.00 WIB. Warga yang berada di Kecamatan Pranojiwo panik lari berhamburan berusaha menyelamatkan diri

BANDARA
Pesawat Tujuan Bali Gagal Landing Balik ke Bandara Soetta, Penumpang Ngamuk

Pesawat Tujuan Bali Gagal Landing Balik ke Bandara Soetta, Penumpang Ngamuk

Senin, 6 Desember 2021 | 16:13

TANGERANGNEWS.com-Penumpang pesawat tujuan Jakarta-Bali ngamuk setelah gagal landing lantaran cuaca buruk. Kericuhan tersebut terjadi saat pilot pesawat Super Air Jet memutuskan untuk kembali ke Bandara Soekarno Hatta (Soetta)

TANGSEL
Kasus Covid-19 di Tangsel Mulai Bertambah

Kasus Covid-19 di Tangsel Mulai Bertambah

Senin, 6 Desember 2021 | 18:51

TANGERANGNEWS.com-Kasus penularan Covid-19 di wilayah Tangerang Selatan terpantau masih mengalami peningkatan, walaupun relatif sedikit

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin