Connect With Us

Genangan Rob di Enam RW di Dadap Kabupaten Tangerang Mulai Surut

Tim TangerangNews.com | Sabtu, 13 November 2021 | 11:50

Banjir rob merendam sebagian wilayah di Kelurahan Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Genangan air akibat rob atau air laut pasang di enam rukun warga (RW) di Kelurahan Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang, Banten, berangsur surut dan aktivitas warga sekitar pun mulai kembali normal.

Plt Camat Kosambi, Inton mengatakan sejak satu hari yang lalu kondisi rob yang merendam enam rukun warga tersebut sudah berangsur surut. "Sejak kemarin kondisi banjir di kelurahan Dadap sudah surut, hanya tinggal beberapa centimeter lagi air yang tersisa di beberapa titik," katanya di Tangerang, Jumat 12 November 2021, dikutip dari Antara.

Inton menyebutkan, rob yang melanda beberapa rukun warga itu telah berdampak kepada sekitar 2.739 kepala keluarga (KK) sejak beberapa hari lalu dengan ketinggian air bervariasi hingga mencapai 20 centimeter.

Menurut dia, kondisi tersebut sudah biasa terjadi di setiap tahunnya, sehingga warga sekitar pun saat air menggenangi rumahnya tetap bertahan dan tidak ada yang mengungsi.

"Banjir ini bagi mereka sudah biasa, jadi tidak ada warga yang mengungsi. Mereka juga tidak memerlukan bantuan seperti dapur umum, itu tidak," ujarnya.

Ia mengungkapkan sejak awal terjadinya banjir, pihaknya melalui jajaran pemerintah kecamatan setempat bersama TNI/Polri terus melakukan pemantauan terhadap situasi wilayah bencana.

"Kami kemarin bersama Koramil setempat sudah memantau langsung ke lapangan, tujuannya untuk memastikan jika warga ada yang memerlukan bantuan atau pengungsian," kata dia.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang mencatat jumlah wilayah yang terdampak rob di Kampung Cheng In dan Kampung Dadap Sawah, Kelurahan Dadap dengan melingkupi enam rukun warga (RW) seperti di RW 01, 02, 03, 04, 05 dan 06.

"Berdasarkan hasil pendataan korban banjir di wilayah Kelurahan Dadap, Tangerang di antaranya yaitu RW 01, 02, 03, 04, 05 dan RW 06. Total keseluruhan jumlah yang terdampak 2.739 Kepala Keluarga," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (BPBD) Kabupaten Tangerang, Abdul Munir di Tangerang, Rabu 10 November 2021.

Selain itu, lanjutnya, dari beberapa wilayah rukun warga yang terdampak itu, sudah terendam banjir sejak Jumat 5 November 2021. "Situasi terkini masih aman dan terkendali, dan wilayah itu memang sudah menjadi wilayah langganan rob," terangnya.

Pihaknya berharap selama kondisi cuaca yang saat ini cukup ekstrem, seluruh warga di sekitar rawan bencana selalu waspada serta berperan aktif dalam menanggulangi bencana seperti banjir, angin puting beliung, longsor dan bencana alam lainnya.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill