Connect With Us

Baznas Bantu Rp35 Juta untuk Korban Pinjol di Tangerang yang Jual Ginjal

Tim TangerangNews.com | Rabu, 5 Januari 2022 | 08:13

Baznas membantu meringankan beban utang warga Kampung Rawa Lini, Teluknaga, Kabupaten Tangerang, yang terjerat pinjol. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com–Bantuan untuk Mila Kusuma, 41, janda empat anak di Kabupaten Tangerang yang berniat menjual ginjal untuk menutupi utangnya lantaran terjerat pinjaman online (pinjol), datang dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).  

Ketua Baznas RI Noor Achmad mengatakan, pihaknya membantu pelaku yang terjerat utang pinjol karena termasuk dalam asnaf gharim (orang yang berutang). “Bantuan itu berlaku selama alasan meminjam karena mendesak untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” kata Noor dalam keterangan tertulisnya, Selasa 4 Januari 2022.

Noor menyebutkan jumlah bantuan yang diberikan nantinya disesuaikan dengan kemampuan Baznas, yaitu sebesar Rp35 juta.

"Kalau memang digunakan betul-betul untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, itu memenuhi persyaratan untuk dibantu. Tapi kalau misalnya pinjam online untuk macam-macam, seperti beli barang yang sifatnya konsumsi, itu (tidak termasuk). Karena kita ada tim untuk survei," terang Noor.

Noor menjelaskan beberapa syarat diberlakukan untuk membantu jeratan pinjol hingga bank/koperasi seperti yang dialami Mila, karena uang zakat yang dikelola Baznas tak bisa semua dilimpahkan untuk program gharimin.

Syarat pertama, pinjaman dilakukan dengan alasan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup mendesak. Syarat kedua, melengkapi dokumen yang sesuai dengan ketentuan, karena Baznas merupakan lembaga publik yang keuangannya juga diaudit oleh publik, sehingga pelaporan dipertanggungjawabkan secara umum kepada para pemberi zakat.

Pada tahap asesmen ini, berkas Mila yang sudah masuk melalui tim Layanan Aktif Baznas (LAB) di antaranya surat pernyataan, KK, KTP, fotokopi SKTM, serta angsuran peminjaman.

Kepala Layanan Aktif Baznas Iskandar Darussalam mengatakan bahwa berdasarkan hasil asesmen langsung, Mila termasuk ashnaf Gharimin. “Maka tim LAB merekomendasikan untuk dapat membantu meringankan cicilan Ibu Mila," kata Iskandar.

Berdasarkan asesmen yang dilakukan Tim LAB, Mila merupakan seorang janda yang sudah ditinggalkan oleh suaminya sejak 2016. Suaminya meninggal karena penyakit angin duduk, sehingga ia menjadi tulang punggung keluarga.

Mila yang tinggal di Kampung Rawa Lini Desa Teluknaga, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, mempunyai empat orang anak. Anak pertamanya sudah menikah tinggal di rumah mertua. Lalu anak kedua masih duduk di sekolah aliyah/SMA, anak ketiganya duduk di bangku SMP, dan anak keempatnya duduk di bangku TK.

Mila mengaku kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sejak suaminya meninggal. Untuk bertahan hidup, dia bekerja serabutan demi bisa memenuhi kebutuhan hidup.

Dengan kondisi ekonomi yang sulit, Mila memberanikan diri untuk melakukan pinjaman ke bank keliling/koperasi, pinjaman online, dan pinjaman lainnya, hingga utangnya membengkak senilai Rp65 juta dari 11 dari koperasi dan bank keliling.

Selama ini, dia sudah menjual barang-barangnya untuk menutupi utang. Setelah barang-barang habis terjual, dia kebingungan harus ke mana lagi agar bisa melunasi utangnya.

Keputusasaan melingkupi Mila. Ia bahkan berniat menjual ginjalnya sebagai cara terakhir untuk membayar utang-utang yang menjadi tanggungannya. Kondisi ini kemudian tersebar luas di media massa dan media sosial. Mendapati kabar tersebut, Baznas langsung bergerak mendatangi kediaman Mila untuk mengulurkan bantuan.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

KOTA TANGERANG
Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:01

Mayat berjenis kelamin Laki-laki tanpa identitas ditemukan di Sungai Cisadane, Kelurahan babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Kamis 28 Maret 2024, pagi.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill