Connect With Us

Penderita Kanker Payudara di Provinsi Banten Capai 4.289 Orang

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 16 Februari 2022 | 17:36

Bupati Tangerang A Zaki Iskandar dan istrinya, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tangerang Yuli Zaki Iskandar. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Angka penderita kanker payudara di Provinsi Banten cukup tinggi. Berdasarkan data RSU Kabupaten Tangerang sebagai RS rujukan tingkat Provinsi Banten, pada tahun 2019 saja pasien yang berobat sebanyak 4.289 orang, dimana sekitar 12% atau 503 penderita merupakan pasien baru. 

"Kebanyakan dari pasien ini merupakan pasien dengan stadium lanjut yang angka kesakitan dan kematiannya sangat tinggi sekali," ungkap Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tangerang Yuli Zaki Iskandar saat peringatan Hari Kanker Sedunia, di Gedung Pendopo Bupati Tangerang, Jalan Ki Samaun, Kota Tangerang, Rabu, 16 Februari 2022.

Karena itu menurut Yuli, sangat diperlukan edukasi kepada para wanita di Tangerang akan pentingnya melakukan deteksi lebih dini, jika mereka merasakan ada gangguan atau mengarah kanker payudara.

"Kita terus memberikan pemahaman kepada masyarakat Kabupaten Tangerang, khususnya para kader PKK desa untuk mendeteksi lebih awal akan gejala dan bahayanya kanker payudara," ujar Yuli.

Ibu Yuli Zaki Iskandar berharap Komunitas Peduli Kanker Payudara Kabupaten Tangerang (KPKPKT) dapat membuka wawasan dan kepedulian tentang kelainan atau keganasan pada payudara khususnya untuk ibu-ibu  di Kabupaten Tangerang.

Dalam peringatan tersebut, KPKPKT menandatangani kesepakatan kerjasama dengan dan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI).

Kerjasama tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan pemahaman masyarakat dalam penanganan penyakit kanker payudara di Kabupaten Tangerang dan sekitarnya.

Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia Linda Agum Gumelar mengatakan, data tahun 2020 menunjukan tingginya angka kasus kanker payudara yang menyebabkan kematian. Hal tersebut cukup memprihatinkan dan menjadi perhatian seluruh stakeholder.

Untuk itu, YKPI menggandeng Pemkab Tangerang melalui Komunitas Peduli Kanker Payudara dalam rangka menekan angka kematian akibat penyakit tersebut.

"Penandatanganan kerjasama ini untuk melaksanakan proyek percontohan dengan tema penguatan kemampuan melaksanakan deteksi dini kanker payudara pada tenaga kesehatan di Kabupaten Tangerang," kata Linda Agum Gumelar.

Linda juga sangat mengapresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan dan bangga karena Kabupaten Tangerang merupakan satu-satunya kabupaten di Indonesia yang begitu besar kepedulian terhadap permasalahan kanker payudara.

Terlebih lagi dengan adanya dukungan dari Bupati Tangerang yang telah mengeluarkan keputusan untuk membentuk Komunitas Peduli Kanker Payudara Kabupaten Tangerang.

"Saya sangat mengapresiasi terhadap Bupati Tangerang, kepeduliannya yang begitu besar terhadap permasalahan ini," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Tangerang A Zaki Iskandar mengatakan penanganan dan penanggulangan kanker payudara di Kabupaten Tangerang dan sekitarnya sangat komplek, mulai dari luas wilayah, populasi dan kultur masyarakat sampai dengan keterbatasan SDM.

Meski demikian, hal tersebut tidak akan menyurutkan pemerintah daerah untuk terus mendukung dan memaksimalkan fasilitas yang dimiliki, agar pelayanan terhadap penderita gangguan payudara tetap dapat berjalan sebagaimana mestinya.

"Alhamdulillah, kami patut bersyukur dan bangga bahwa fasilitas dan tenaga kesehatan yang dimiliki RSU Tangerang menjadi salah satu rujukan kesehatan se-Propinsi Banten dalam menangani kasus kanker payudara", ucap Bupati Zaki. 

Zaki mengaku tidak mudah menekan angka kasus kanker payudara serta memberikan pemahaman dini terhadap bahayanya.

Namun dengan dukungan dari baik pemerintah daerah, rumah sakit, penyelenggara fasilitas kesehatan, dokter, tenaga medis maupun organisasi/komunitas peduli kanker payudara, upaya-upaya melalui promosi kesehatan, skrining deteksi dini dan pengobatan standar dapat dilakukan dengan lebih mudah serta berkesinambungan.

"Saya berharap, kita semua serius mendukung dan mensukseskan progran kerjasama ini, sehingga kerjasama ini benar-benar bisa membawa manfaat yang bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat secara merata," pinta Zaki.

KOTA TANGERANG
Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Calon Gubernur Banten

Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Calon Gubernur Banten

Sabtu, 20 April 2024 | 12:47

Sosok Arief R Wismansyah tidak asing lagi bagi warga di provinsi Banten, apalagi di wilayah Tangerang. Kepemimpinannya dalam menahkodai Kota Tangerang dikenal luas publik.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill