Connect With Us

Bupati Zaki Persilakan Kabupaten Tangerang Dijadikan Lab Penelitian Kampus

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 1 Maret 2022 | 23:07

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kabupaten Tangerang membuka diri jika wilayahnya dijadikan sebagai laboratorium penelitian bagi kalangan kampus, institusi, akademisi, dan organisasi.

Hal itu disampaikan Bupati Tangerang A Zaki Iskandar saat melepas Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Sekolah Tinggi Ilmu Informatika dan Komputer (STMIK) dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Insan Pembangunan, Selasa 1 Maret 2022.

"Kami membuka lebar kepada mahasiswa, kampus, dan akademisi untuk melakukan lokus penelitian di Kabupaten Tangerang," katanya.

Ia juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada BAPPEDA serta STMIK dan STIE Insan Pembangunan Kabupaten Tangerang yang telah berkolaborasi dan bekerjasama mendukung program Pemerintah Kabupaten.

"Salah satunya  dalam akselerasi perwujudan 16 Kampung Tematik di wilayah Kabupaten Tangerang," ucapnya.

Zaki berharap dengan kegiatan PKM tersebut dapat mengasah jiwa empati dan kepedulian kepada masyarakat banyak.

Melalui kolaborasi ini, nantinya juga diharapkan akan lahir desa binaan yang indikator target capaian pelaksanaannya antara lain mencakup peningkatan pengetahuan, motivasi dan ketrampilan, pelayanan dan pemasaran serta peningkatan pendapatan.

"Selain hal tersebut juga mencakup sertifikasi produk dan terciptanya wirausaha mandiri," papar Zaki.

Sekretaris Bappeda Kabupaten Tangerang Efi Indarti dalam laporannya mengatakan, kegiatan PKM yang diikutii 80 Tenaga Pengajar/Dosen serta 80 mahasiswa tersebut merupakan strategi tepat guna mewujudkan harapan serta cita-cita bersama.

Terutama soal mewujudkan kualitas masyarakat yang lebih kompeten dan produktif di tengah-tengah era digitalisasi dan situasi pandemi seperti sekarang ini. 

"Pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang akan dilaksanakan ini berlangsung selama selama 7 bulan, sejak bulan Maret sampai dengan bulan September 2022 mendatang, yang bertempat di 16 Kampung Tematik," jelas Efi.

Dr. Winanti, Ketua STMIK/STIE Insan Pembangunan mengatakan kegiatan PKM ini sangat berbeda dengan pengabdian kepada masyarakat pada tahun-tahun sebelumnya.

Pihaknya menurunkan langsung 80 dosen dan tenaga pengajar di STMIK pembangunan di 16 lokus kampung tematik atau desa yang menjadi tempat tujuan.

"Kegiatan ini diberikan bobot 4 sampai 5 SKS. Adanya bobot SKS yang cukup tinggi di kegiatan PKM ini diharapkan membuat mahasiswa senang dan memberikan hasil yang maksimal serta bisa dirasakan oleh masyarakat langsung," ujarnya.

Menurut dia, Civitas akademika STMIK/STIE Insan Pembangunan Kabupaten Tangerang sebelumnya juga sudah melakukan PKM ini di Panimbang, Malingping dan Karawang.

"Justru di daerah sendiri di Tangerang, mereka belum melakukan PKM tersebut," ujarnya.

NASIONAL
Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Info Lowongan Kerja, Simak Syarat dan Kualifikasi Rekrutmen KAI

Kamis, 18 April 2024 | 12:51

PT Kereta Api Indonesia (Persero), atau KAI, tengah membuka rekrutmen terbaru untuk tahun 2024 dengan menawarkan lowongan kerja bagi lulusan S1 dari berbagai jurusan.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill