Connect With Us

Selama Ramadan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tangerang Tetap Digelar Siang

Tim TangerangNews.com | Senin, 28 Maret 2022 | 08:22

| Dibaca : 361

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang dr Hendra Tarmizi. (@TangerangNews / Diskominfo Kab. Tangerang)

TANGERANGNEWS.com-Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi mengatakan, pelaksanaan pemberian dosis vaksin bagi umat Muslim selama bulan Ramadan tetap dilakukan pada siang hari guna dapat berjalan secara efektif.

"Sesuai fatwa MUI kita lakukan vaksinasi di siang hari, karena itu tidak membatalkan puasa bagi umat Muslim. Kalau kita lakukan di malam harinya tidak akan efektif," kata Hendra di Tangerang, Minggu 27 Maret 2022, seperti dikutip dari Antara.

Menurut dia, salah satu strategi dalam pemberian vaksin selama Ramadan itu, Pemkab Tangerang akan mengikuti dan menyesuaikan dengan fatwa MUI Nomor 13 tahun 2021 terkait hukum vaksin Covid-19 saat berpuasa.

Pemkab Tangerang, ujar Hendra, akan terus mempercepat vaksinasi Covid-19 selama bulan Ramadan 1443 Hijriyah guna mengejar capaian percepatan vaksin dosis tahap tiga atau booster (penguat) antibodi di daerah itu.

"Kebetulan sejak bulan lalu kita sudah mendapat tambahan dosis vaksin dari provinsi. Dan nanti selama Ramadhan kita akan terus percepat vaksinasi booster guna mencapai target," tutur Hendra.

Ia menyebutkan, di hari-hari saat menjelang Ramadan ini pihaknya juga terus mengoptimalkan pemberian vaksinasi Covid-19 penguat antibodi. Karena, upaya tersebut merupakan langkah melindungi masyarakat dari paparan serta risiko tertularnya virus corona.

"Dari mulai puskesmas sampai gerai-gerai yang kita bangun semuanya itu sudah siap melayani vaksinasi booster ini. Kemudian kita juga di bantu oleh Polres dan Koramil dalam pemberian vaksin kepada masyarakat ini," ungkap Hendra.

Selama pengoptimalan pemberian vaksin selama Ramadan itu, pihaknya bekerja sama dengan segenap instansi dan fasilitas kesehatan yang ada, seperti TNI dan Polri, jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda), swasta hingga komunitas dari elemen masyarakat sekitar.

"Kita masih terus bekerja sama dengan rumah sakit swasta untuk mendukung pemberian vaksin tahap dua dan booster, begitu juga dengan instansi dan elemen masyarakat lainnya," katanya.

Adapun untuk capaian vaksinasi di Kabupaten Tangerang hingga Sabtu 26 Maret 2022, sebanyak 2.243.442 jiwa telah menerima dosis tahap pertama atau mencapai 78,7 persen dari sasaran vaksin di wilayah itu yakni sebanyak 2.851.583 orang.

Selanjutnya, untuk cakupan dosis ke dua telah menjangkau sebanyak 1.825.003 jiwa atau setara 64 persen dari total sasaran yang ada. Sedangkan capaian untuk dosis vaksin penguat antibodi (booster) baru sebanyak 277.583 orang atau 12.7 persen.

Lebih lanjut Hendra mengajak kepada seluruh masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang untuk ikut serta mensukseskan program vaksinasi pemerintah, supaya nantinya aktivitas selama Ramadan dapat berjalan aman dan roda perekonomian juga akan terus membaik.

KOTA TANGERANG
Remisi Kemerdekaan Napi Lapas Tangerang, Jumlahnya Banyak Banget Ada yang Langsung Pulang

Remisi Kemerdekaan Napi Lapas Tangerang, Jumlahnya Banyak Banget Ada yang Langsung Pulang

Rabu, 17 Agustus 2022 | 14:42

TANGERANGNEWS.com–Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang memberikan remisi umum kepada narapidana yang telah menjalankan masa pidananya dalam momentum Hari Kemerdekaan 77 Republik Indonesia.

TOKOH
Siapa Pesulap Merah? Ternyata Asal Tangerang

Siapa Pesulap Merah? Ternyata Asal Tangerang

Senin, 8 Agustus 2022 | 19:49

TANGERANGNEWS.com-Baru-baru ini, karakter Pesulap Merah menjadi perbincangan publik. Pria bernama panggung Marcel Radhival ini ternyata berasal dari Tangerang.

AYO! TANGERANG CERDAS
Jangan Keliru, Ini Penulisan Ucapan Selamat HUT RI

Jangan Keliru, Ini Penulisan Ucapan Selamat HUT RI

Senin, 15 Agustus 2022 | 12:35

TANGERANGNEWS.com-Masyarakat sering keliru menuliskan ucapan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia (RI). Pada 17 Agustus 2022 ini, Indonesia merayakan HUT ke-77.

TANGSEL
Satpol PP Tangsel Razia Prostitusi Jaring 27 Perempuan dan 16 Lelaki, Open BO Tarifnya Rp800 Ribu

Satpol PP Tangsel Razia Prostitusi Jaring 27 Perempuan dan 16 Lelaki, Open BO Tarifnya Rp800 Ribu

Senin, 15 Agustus 2022 | 13:13

TANGERANGNEWS.com-Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar razia prostitus di tiga hotel wilayah Tangsel pada Sabtu, 13 Agustus 2022 dini hari.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill