Connect With Us

Gerbang Tol Cikupa Tangerang Akan Ditutup Cegah Macet di Merak saat Mudik Lebaran

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 8 April 2022 | 14:53

Gerbang Tol Cikupa,Tangerang. (@TangerangNews.com 2016 / Raden Bagus Irawan)

TANGERANGNEWS.com-Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, sejumlah skema sudah disiapkan Polda Banten dan Lampung untuk persiapan untuk mudik Lebaran 2022.

Salah satunya antisipasi kemacetan di Tol Tangerang-Merak akibat lonjakan kendaraan pemudik yang hendak ke Pelabuhan Merak.

"Di pelabuhan ini nanti akan terjadi kondisi normal, kondisi padat dan kemudian sampai dengan kondisi macet," katanya, saat mengecek Pelabuhan Merak seperti dilansir dari Tribunnews, Kamis 8 April 2022.

Ketika terjadi kemacetan, menurutnya skema yang akan dilakukan yakni dengan penutupan di Tol Cikupa, agar kendaraan tidak bisa cepat masuk pelabuhan.

Selain itu, saat Lebaran jumlah sepeda motor diperkirakan cukup banyak. PT ASDP akan memfasilitasi sepeda motor  dan beberapa kapal agar siap untuk menampung.

"Kalau padat, Polda Banten dan Lampung akan melakukan diskresi pemuatan sepeda motor. Bisa satu kapal, tapi masih kami pertimbangkan," ujarnya.

Budi memprediksi pemudik lebih banyak dari Pulau Jawa ke Sumatera. Berdasarkan survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan, dari Jabodetabek hampir ada sekitar 14 juta perjalanan.

"Tapi yang paling banyak tujuannya ke Jawa Tengah kemudian yang ke Sumatera," ucapnya.

Hal lain yang perlu diantisipasi masyarakat adalah mengunduh aplikasi Ferizy di smartphone.

"Kami harap bisa segera melakukan itu, sehingga nanti masyarakat bisa secara mandiri untuk pembelian tiket penyeberangan dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni," kata Budi.

Menurut dia, pembelian tiket melalui aplikasi untuk mencegah banyaknya transaksi di agen yang bisa menyebabkan kemacetan.

BANDARA
Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Mulai 1 Mei, Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta Ditarif Rp3.500

Jumat, 26 April 2024 | 14:04

Transportasi umum Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta), bakal ditetapkan tarif berbayar sebesar Rp3.500.

TANGSEL
Wanita Cantik Tewas Gantung Diri di Ciputat Tangsel, Diduga Depresi Gegara Tumor Payudara

Wanita Cantik Tewas Gantung Diri di Ciputat Tangsel, Diduga Depresi Gegara Tumor Payudara

Jumat, 26 April 2024 | 18:02

Seorang gadis cantik yang tinggal di Jalan Ki Hajar Dewantoro, Kelurahan Sawah Baru, Ciputat Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan, mengakhiri hidupnya dengan gantung diri.

MANCANEGARA
Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Wow, Di Negara Ini Memeluk Kucing 4 Jam Sehari Bisa Dibayar Rp162 Juta

Rabu, 24 April 2024 | 10:33

Perusahaan makanan hewan asal Kanada, ACANA bekerja sama dengan organisasi kesejahteraan hewan Best Friends Animal Society membuka lowongan pekerjaan sebagai kitten cuddler.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill