Connect With Us

Selain Ciputat Tangsel, Ini Wilayah Lain di Tangerang yang Termasuk 20 Kota Terpanas di Indonesia

Tim TangerangNews.com | Sabtu, 14 Mei 2022 | 20:00

| Dibaca : 3549

Ilustrasi cuaca panas di Indonesia. (@TangerangNews / Freepik)

TANGERANGNEWS.com-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) baru-baru ini mencatat wilayah Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjadi daerah yang suhunya paling panas di Jabodetabek dan juga di Indonesia.

Selain Ciputat, ada daerah lain di Tangerang yang juga termasuk dalam wilayah yang sedang mengalami suhu panas yang tinggi di Indonesia. Berdasarkan informasi suhu maksimum harian terbaru yang dihimpun BMKG, wilayah lain di Tangerang yang termasuk dalam wilayah yang mengalami suhu panas tinggi, yaitu Legok di Kabupaten Tangerang.

Dilansir dari data BMKG per 10-11 Mei 2022, Legok termasuk dalam 20 wilayah di Indonesia dengan suhu panas tinggi, yaitu 34, 2 derajat celcius berdasarkan titik pengamatan Stasiun Meteorologi Budiarto.

Terjadinya suhu panas yang tinggi ini, salah satunya karena posisi Matahari yang sedang berada di wilayah utara Ekuator, dan menjadikan pertumbuhan awan hujan semakin berkurang. Tingginya suhu itu bisa dirasakan belakangan ini di sejumlah wilayah atau daerah di Indonesia.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fahry Rajab sebelumnya menyebut Ciputat menjadi wilayah atau daerah dengan suhu terpanas sejak Minggu 7 Mei 2022 berdasarkan stasiun titik pengamatan BMKG. “Itu diambil dari data di titik pengamatan," kata Fahry, Kamis 12 Mei 2022.

Fahry menerangkan mengenai cakupan wilayah yang masuk dalam pengamatan di Stasiun BMKG Ciputat. Menurut dia, hal tersebut tergantung jenis permukaannya. Bila permukaannya datar, suhunya relatif sama dalam radius yang luas.

Belakang ini sejumlah wilayah di Indonesia dilanda suhu panas. Sebelumnya, BMKG mencatat suhunya mencapai 36,1 derajat celcius. Berdasarkan pantauan BMKG, sejumlah wilayah di Indonesia punya suhu panas beragam setiap harinya.

Suhu maksimum terukur selama periode tanggal 1-7 Mei 2022 berkisar antara 33-36,1 derajat celcius. Suhu maksimum tertinggi hingga 36,1 derajat celcius terjadi di wilayah Tangerang-Banten dan Kalimarau-Kalimantan Utara.

OPINI
Penjajah Itu Bernama Oligarki

Penjajah Itu Bernama Oligarki

Selasa, 17 Mei 2022 | 22:48

Pilihan kita adalah demokrasi yang diformulasi dengan “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan”.

WISATA
6 Pantai di Bali Ini Sempurna Buat Tempat Healing

6 Pantai di Bali Ini Sempurna Buat Tempat Healing

Selasa, 17 Mei 2022 | 11:42

TANGERANGNEWS.com-Berlibur ke pantai adalah salah satu cara refreshing yang banyak dilakukan akhir-akhir ini. Suara ombak, angin yang berhembus sejuk, dan suasana pantai yang santai dianggap mampu menghilangkan perasaan stres di dalam diri

SPORT
Tim e-Sport Indonesia Sabet 1 Emas dan Perak di SEA Games Vietnam

Tim e-Sport Indonesia Sabet 1 Emas dan Perak di SEA Games Vietnam

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:14

TANGERANGNEWS.com-Rombongan Tim Indonesia dari cabang olahraga e-sport FIFA dan Free Fire berhasil meraih prestasi dengan merebut satu medali emas dan satu medali perak, dalam ajang SEA Games ke-31 di Vietnam tahun 2022.

BISNIS
Lima Skincare yang Mengandung Retinol untuk Tampil Lebih Awet Muda!

Lima Skincare yang Mengandung Retinol untuk Tampil Lebih Awet Muda!

Jumat, 13 Mei 2022 | 11:26

Retinol merupakan bahan aktif yang mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini. Bahan ini bisa menjaga kemudaan kulit dengan cara menjaga kulit tetap terhidrasi dan menjaga lapisan epidermis.

""Rasa bahagia dan tak bahagia bukan berasal dari apa yang kamu miliki, bukan pula berasal dari siapa diri kamu, atau apa yang kamu kerjakan. Bahagia dan tak bahagia berasal dari pikiran kamu." "

Dale Carnegie