Connect With Us

Jelang Idul Adha, Pemkab Tangerang Bentuk Satgas Antisipasi PMK

Tim TangerangNews.com | Jumat, 27 Mei 2022 | 14:06

Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten membentuk Satgas untuk memperketat masuknya hewan ternak sapi. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten membentuk Satgas untuk memperketat masuknya hewan ternak sapi menjelang Hari Raya Idul Adha 2022. Untuk mengawasi distribusi hewan kurban, pos-pos pemeriksaan di perbatasan akan didirikan. Petugas akan memeriksa kelengkapan surat kesehatan dari daerah asal.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid mengatakan, langkah antisipasi masuknya penyakit kuku dan mulut pada hewan ternak di wilayahnya dilakukan dengan membentuk Satgas pengawasan lintas organisasi perangkat daerah atau OPD.

“Pengawasan ketat dilakukan dengan mempertanyakan kelengkapan surat kesehatan hewan ternak  sebelum didistribusikan ke wilayah Kabupaten Tangerang,” kata Maesyal, Jumat 27 Mei 2022.

Diterangkan, petugas kesehatan dan Dinas Perhubungan akan ditempatkan di perbatasan yang menjadi lintas distribusi hewan kurban dengan sasaran truk pengangkut. “Apabila ditemukan sapi yang tidak dilengkapi surat kesehatan maka akan ditolak masuk dan diminta dikembalikan ke daerah asalnya,” ujarnya.

Selain itu, pemeriksaan kesehatan sapi secara berkala juga akan dilakukan pada seluruh peternak

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tangerang  Asep Jatnika mengakui sudah ditemukan hewas suspect penyakit kuku dan mulut dan saat ini tengah dalam penanganan tim khusus. Namun kepastian hewan terjangkit masih harus melalui uji laboratorium.

Menurut dia, meski bakal melakukan pengetatan di perbatasan wilayah Kabupaten Tangerang, pihaknya juga berharap kondisi kebutuhan hewan potong dan hewan kurban tetap terkendali.

NASIONAL
1.835 Kendaraan Pemudik Lebaran 2024 Terlibat Kecelakaan

1.835 Kendaraan Pemudik Lebaran 2024 Terlibat Kecelakaan

Sabtu, 13 April 2024 | 09:24

Sebanyak 1.835 kendaraan terlibat kecelakaan selama arus mudik Lebaran 2024. Hal itu berdasarkan data kecelakaan lalu lintas dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

BANTEN
PLN Banten Jamin Kesiapan SPKLU di Titik Arus Balik Lebaran 2024

PLN Banten Jamin Kesiapan SPKLU di Titik Arus Balik Lebaran 2024

Senin, 15 April 2024 | 20:23

Dalam menyambut puncak arus balik mudik Lebaran 2024, General Manager PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten Abdul Mukhlis melakukan pengecekan kesiapan layanan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di wilayah Provinsi Banten.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill