Connect With Us

Ada Pameran Foto Eksplorasi Budaya Baduy dan Peranakan di Episode Hotel Tangerang

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 6 Juni 2022 | 08:44

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar melihat pameran foto budaya Baduy dan Peranakan di Banten yang digelar Pewarta Foto Indonesia (PFI) di Episode Hotel Gading Serpong, Minggu 5 Juni 2022. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pewarta Foto Indonesia (PFI) Tangerang bersama Episode Hotel Gading Serpong menyelenggarakan Pameran Foto Eksplorasi Budaya Baduy dan Peranakan Banten.

Pameran dibuka secara resmi oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, di Episode Hotel Gading Serpong, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Minggu, 5 Juni 2022, kemarin.

Sebanyak 30 foto dipamerkan setelah melalui proses seleksi dari 300 foto yang dikumpulkan karya fotografer berbagai daerah di Indonesia, dalam dua bulan terakhir. 

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menyampaikan apresiasi dan mendukung semangat pewarta dalam pameran foto ini.

“Mudah mudahan pameran ini bisa mendukung dan juga menginformasikan ke masyarakat terutama kepada pelanggan Hotel Episode,” katanya.

Menurut Zaki, Banten memiliki salah satu suku tertua yang ada di indonesia yang sampai hari ini memegang teguh tradisi dari leluhurnya dan ini tidak bisa dipungkiri.

Begitu juga dengan perkembangan peranakan dari abad ke-5, saat mulai berdatangan ekspedisi dari kerajaan maupun negara-negara lain di luar indonesia. Salah satunya adalah peradaban Tionghoa.

Zaki menilai, Hotel Episode yang mengambil tema desain interior budaya tradisi adat Baduy dan peranakan Tionghoa sudah tepat, karena lokasinya tidak jauh dari Sungai Cisadane.

“Peranakan Tionghoa itu semua masuk melalui Sungai Cisadane. Berawal dari hilirnya dulu Teluk Naga, Kosambi, Pakuhaji, sampai terus ke daerah Cisauk,” ujarnya. 

Tangerang menurut Zaki, merupakan daerah pusat transit untuk orang bepergian dari Batavia jaman dulunya ke daerah Banten. Karena merupakan daerah transit, otomatis banyak sekali suku bangsa yang kemudian tinggal dan menetap di wilayah Tangerang.

“Gerbangnya Indonesia ada di Tangerang. Mudah-mudahan, ini salah satu upaya kita mengenalkan Tangerang adalah bagian dari Banten yang dilakukan pada hari ini oleh pewarta foto di Tangerang,” ungkapnya.

Tangerang saat ini adalah daerah urban. Otomatis wilayah Tangerang merupakan tempat pencampuran adat istiadat. Maka dari itu budaya baduy dan peranakan Tionghoa harus dipegang erat. 

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pewarta yang sudah menggelar kegiatan hari ini. Foto itu bisa berbicara kepada para pengunjung nanti bagaimana sebetulnya adat istiadat dan budaya yang berkembang dari jaman dulu,” paparnya.

Ketua PFI Tangerang Faisal R Syam menjelaskan, PFI merupakan organisasi yang mewadahi pewarta foto PFI Tangerang didirikan pada 9 Januari 2021 dengan anggota sebanyak 30 orang.

Organisasi ini merupakan cabang ke-21 Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pusat yang terdaftar di Dewan Pers.

“Lebih dari 700 pewarta foto tercatat sebagai anggota PFI. Kami menggelar beragam kegiatan bermanfaat dalam mengembangkan kreativitas pewarta foto maupun pendekatan bersifat edukatif kepada masyarakat secara berkala,” katanya.

Foto-foto di wilayah Banten tersebut juga diunggah ke media sosial sebagai syarat lomba, sehingga memberi warna serta pengetahuan baru mengenai budaya Baduy dan Peranakan Tionghoa di Banten.

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

WISATA
 Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Sabtu, 16 Maret 2024 | 12:33

Ada yang unik pada menu buka puasa bersama (bukber) Ramadan, di Hotel Sahid Serpong. Sekitar 40 varian makanan bertema "Kampung Cilenggang" tersedia di sini.

BANTEN
Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Pemprov Banten dan Pemkab Tangerang Salurkan Santunan kepada 1.000 Anak Yatim di Park Serpong

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:22

Sebanyak 1.000 anak yatim yang berada di Kabupaten Tangerang mendapat santunan dari Pemerintah dan DPRD Provinsi Banten, serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill