Connect With Us

Cuaca Buruk, Harga Cabai Merah di Kabupaten Tangerang Tembus Rp100 Ribu per Kilogram

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 13 Juni 2022 | 16:01

| Dibaca : 311

Pedagang bahan pokok di Pasar Kabupaten Tangerang. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Sejumlah harga bahan pokok pangan di Pasar Kabupaten Tangerang mengalami lonjakan. Hal ini akibat cuaca buruk yang membuat hasil panen petani berkurang.

Kenaikan yang paling drastis terjadi pada cabai merah keriting dan besar yang sebelumnya Rp40.000 naik menjadi Rp100.000 per kilogram.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tangerang Iskandar Nordat mengatakan, cuaca yang tidak menentu saat ini menyebabkan pada banyak masalah, seperti distribusi hasil panen yang dipengaruhi masalah transportasi serta keterlambatan pengiriman menyebabkan kerusakan hasil panen.

"Sehingga berpengaruh pada kestabilan harga," katanya, Senin 13 Juni 2022.

Saat memasuki bulan Juni 2022 ini, seharusnya sudah masuk musim kemarau. Tetapi kini kondisinya masih musim penghujan, sehingga membuat kualitas sejumlah komoditas mengalami penurunan.

"Cuaca kurang baik ini sangat mempengaruhi produktivitas petani dan ditambah adanya risiko penyakit buah atau tanaman yang mengakibatkan penurunan kualitas," kata Iskandar.

Ia menjelaskan, komoditas yang mengalami kenaikan harga karena cuaca buruk ini, di antaranya seperti cabai merah keriting, cabai merah besar, bawang merah, sayur-sayuran dan lain sebagainya.

Sementara itu, komoditas lainnya seperti telur dan ayam juga mengalami kenaikan harga yang sama diakibatkan adanya penurunan produktivitas selama musim penghujan ini.

"Sedangkan harga daging sapi terpantau stabil. Ketersediaan daging sapi pun terbilang aman," tutur Iskandar,.

Berdasarkan informasi, untuk harga bawang merah yang harga normalnya Rp32.000, naik menjadi Rp63.000 per kilogram. Sedangkan bawang putih dari Rp25.000 menjadi Rp40.000 per kilogram.

Selanjutnya, harga telur ayam broiler dari Rp24.000 naik menjadi Rp28.000 per kilogram. Daging ayam ras dari Rp35.000 menjadi Rp50.000 per kilogram, sedangkan daging sapi dari Rp110.000 naik menjadi Rp140.000 per kilogram.

Iskandar menambahkan, untuk menekan kenaikan harga tersebut, Disperindag Kabupaten Tangerang akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan setempat, untuk stabilisasi harga dan memenuhi kebutuhan pangan yang ada.

"Tentunya kita akan berupaya menekan kenaikan harga bahan pokok yang terjadi saat ini, dengan melakukan koordinasi bersama instansi terkait lainnya," jelasnya.

BANTEN
Miris! 20 Bayi Dibuang di Banten Gegara Pergaulan Bebas

Miris! 20 Bayi Dibuang di Banten Gegara Pergaulan Bebas

Jumat, 9 Desember 2022 | 19:04

TANGERANGNEWS.com-Komnas Perlindungan Anak Provinsi Banten mencatat kasus pembuangan bayi di wilayah tersebut mencapai 20 kasus. Dari jumlah tersebut, 11 bayi meninggal dunia dan 9 dinyatakan masih hidup.

HIBURAN
Rayakan Malam Tahun Baru Nonton Yura Yunita Sambil Menikmati Kuliner Khas Banten di Hotel Episode Gading Serpong

Rayakan Malam Tahun Baru Nonton Yura Yunita Sambil Menikmati Kuliner Khas Banten di Hotel Episode Gading Serpong

Jumat, 9 Desember 2022 | 14:10

TANGERANGNEWS.com-Merayakan Tahun Baru 2023 bersama keluarga tercinta, Hotel Episode Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, dapat menjadi pilihan yang tepat.

OPINI
Permasalahan Sampah di Tangerang Menjadi Tugas Bersama

Permasalahan Sampah di Tangerang Menjadi Tugas Bersama

Rabu, 30 November 2022 | 17:27

Tangerang Raya yang dihuni sekitar 2 juta penduduk dan terkenal akan industri ini, selalu berbenah diri. Mulai dari perbaikan infrastruktur, penanganan bencana dan kenyamanan lingkungan

WISATA
Baca 5 Tips Ini Sebelum Mengunjungi PIK 2

Baca 5 Tips Ini Sebelum Mengunjungi PIK 2

Jumat, 9 Desember 2022 | 13:39

TANGERANGNEWS.com-Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 di Kosambi, Kabupaten Tangerang ramai jadi perbincangan publik. Apalagi sempat menjadi tempat berlangsungnya acara festival musik Head in The Clouds, yang dihadiri musisi 88rising, Rich Brian dan Niki

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill