Connect With Us

Festival Cengkok Karya Mandiri di Tangerang Bangkitkan Semangat Literasi dan Berwirausaha

Achmad Irfan Fauzi | Minggu, 31 Juli 2022 | 18:59

| Dibaca : 168

Festival Cengkok Karya Mandiri. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)

TANGERANGNEWS.com-Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Cengkok Karya Mandiri bersama dengan Forum Taman Baca Masyarakat (Forum TBM), Serikat Guru Tangerang, Solidaritas Nasional Masyarakat, dan Syubban Balaraja menyelenggarakan festival Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) dan literasi.

Inovasi kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mendorong UMKM untuk memiliki kemampuan literasi dan berwirausaha, demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan perekonomian nasional. 

Kegiatan yang menghadirkan pameran karya berbagai UMKM mulai dari kuliner hingga kerajinan tersebut diselenggarakan di Kampung Cengkok RT3/2, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang, Minggu 31 Juli 2022.

Setidaknya lebih dari 50 pelaku usaha akan menjual hasil karya mereka. Selain itu, dalam festival pun akan digelar diskusi literasi yang menghadirkan narasumber kompeten seperti presenter Kompas TV Aiman Witjaksono, sahabat literasi Maman Suherman, dan Duta Baca Indonesia Gol a Gong.

Festival akan dihadiri dan dibuka oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, dan Anggota Komisi 10 DPR RI Rano Karno. Panitia pun menyiapkan berbagai hiburan untuk pengunjung.

“Kami akan hibur para pengunjung dengan berbagai atraksi daerah seperti tarian tradisional, bara karingding, marawis, hadroh, dan ubrug,“ ujar Mayda Purnama, ketua panitia acara tersebut kepada TangerangNews. 

Mayda mengatakan, UMKM sangat berperan penting dalam menyokong ekonomi rakyat. Berdasarkan data Kementerian Koperasi, katanya, kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 61,07% atau Rp. 8.573,89 triliun.

Selain itu, UMKM mampu menyerap 97% dari total angkatan kerja dan mampu menghimpun hingga 60,42% dari total investasi di Indonesia.

“UMKM bisa menjadi solusi atas banyaknya prabrik yang pindah dari Tangerang. Masyarakat mesti dididik agar tidak melulu bergantung pada pabrik,” jelasnya. 

Ketua TBM Cengkok Karya Mandiri Siti Rohmah menambahkan, literasi juga tidak kalah penting dalam mendorong peran UMKM sebagai kunci ilmu pengetahuan dan kemajuan bangsa.

Menurutnya, Indonesia masih berkutat di peringkat bawah dengan rangking ke 62 dari 70 negara berdasarkan survei Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019.

“Kemampuan berbahasa atau literasi harus menjadi gerakan yang serius khususnya di kalangan muda. Tidak hanya terkait literasi baca tulis dan numerasi, generasi muda pun mesti diperkenalkan dengan literasi finansial, sains, digital, serta budaya dan kewarganegaraan,” tuturnya.

BISNIS
Harga BBM Pertamina, Shell, VIVO dan BP Kompak Turun!

Harga BBM Pertamina, Shell, VIVO dan BP Kompak Turun!

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 21:52

TANGERANGNEWS.com-Harga bahan bakar minyak (BBM) Pertamina, Shell, BP dan VIVO kompak turun pada Sabtu, 1 Oktober 2022.

TOKOH
Seniman Cak Sapari Ludruk Meninggal

Seniman Cak Sapari Ludruk Meninggal

Kamis, 15 September 2022 | 13:14

TANGERANGNEWS.com-Cak Sapari yang dikenal dengan seniman Ludruk Surabaya meninggal dunia pada Kamis, 15 September 2022 dini hari.

TEKNO
Mudah, Ini Cara Daftar Kartu Prakerja Lewat HP Dapat Paket Manfaat Rp3,5 Juta

Mudah, Ini Cara Daftar Kartu Prakerja Lewat HP Dapat Paket Manfaat Rp3,5 Juta

Kamis, 29 September 2022 | 10:37

TANGERANGNEWS.com-Mendaftar program Kartu Prakerja bisa dilakukan dengan cara mudah melalui HP. Masyarakat yang ingin daftar Kartu Prakerja, bisa mengakses website resminya yaitu https://www.prakerja.go.id/.

SPORT
Laga Arema Vs Persebaya Ricuh hingga Makan Korban Jiwa, Ini Penyebab Suporter Sepak Bola Begitu Fanatik

Laga Arema Vs Persebaya Ricuh hingga Makan Korban Jiwa, Ini Penyebab Suporter Sepak Bola Begitu Fanatik

Minggu, 2 Oktober 2022 | 08:20

TANGERANGNEWS.com-Sebagai salah satu olahraga terbesar, sepak bola tidak bisa lepas dari suporter atau pendukungnya. Umumnya para suporter sepak bola sangat fanatik terhadap tim kesayangannya terutama supporter Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill