Connect With Us

FOPKIA dan Simpul Belajar Serahkan Policy Brief ke Dinkes Tangerang

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 4 Agustus 2022 | 21:19

Forum Peduli Kesehatan Ibu dan Anak (FOPKIA) dan Forum Simpul Belajar menyerahkan Policy Brief kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang di Kantor Dinkes Kabupaten Tangerang, Kamis, 4 Agustus 2022. (Achmad Irfan Fauzi / @TangerangNews.com)

 

TANGERANGNEWS.com-Forum Peduli Kesehatan Ibu dan Anak (FOPKIA) dan Forum Simpul Belajar menyerahkan Policy Brief kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang di Kantor Dinkes Kabupaten Tangerang, Kamis, 4 Agustus 2022.

Dokumen yang berisi sejumlah rekomendasi untuk meningkatkan pelayanan kepada ibu yang baru melahirkan serta bayi yang baru dilahirkan tersebut diserahkan Ketua FOPKIA M Atif yang diterima Kepala Dinkes Kabupaten Tangerang dr. Desiriana Dinardianti.

Ketua FOPKIA M Atif menjelaskan, Policy Brief ini dibuat sebagai bentuk kepedulian Forum Simpul Belajar terhadap isu kesehatan khususnya isu kesehatan ibu dan anak (KIA).

"Kami berharap isu KIA ini menjadi isu bersama. Tidak hanya Dinas Kesehatan, tapi juga masyarakat yang memiliki kepedulian kepada isu KIA," katanya.

Atif menjelaskan, Policy Brief tersebut telah disusun selama dua bulan dengan terlebih dahulu melakukan riset Community Scor Card (CSC). Ia menyebut, dari Policy Brief yang telah disampaikan setidaknya ada tiga rekomendasi yang disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang.

"Rekomendasi yang kami sampaikan di antaranya kebijakan anggaran Si Jari Emas, adanya kebijakan regulasi desa tentang implementasi, dan kolaborasi dalam penanganan angka kematian ibu hamil dan bayi baru lahir, serta adanya regulasi yang mengatur tentang Kelompok Kerja (Pokja) Kegawatdaruratan Ibu dan Bayi Baru Lahir," terang Atif.

Desiriana menyampaikan apresiasinya dan menyambut baik penyerahan Policy Brief tersebut. Menurutnya, dokumen ini akan menjadi bahan masukan dalam perumusan kebijakan program dan anggaran di Dinkes Kabupaten Tangerang selanjutnya.

"Terima kasih atas inisiatif rekan-rekan FOPKIA dan Forum Simpul Belajar Sehat Gemilang yang telah berpartisipasi pada isu kesehatan ibu dan anak di Kabupaten Tangerang," ucapnya.

Kepala Bidang Kesga Kabupaten Tangerang Dr. Indri menyampaikan harapan besarnya kepada forum Simpul Belajar agar menjadi mitra strategis Dinkes dalam melakukan kolaborasi program.

"Saya kira ke depan Forum Simpul Belajar juga dapat merambah isu yang lebih luas semisal stunting, TB dan lain-lain," katanya.

 

BANDARA
Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 190 Ribu Penumpang

Hari Ini Puncak Arus Balik Lebaran 2024 di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 190 Ribu Penumpang

Senin, 15 April 2024 | 12:19

Puncak arus balik Lebaran 2024 di 20 bandara yang dikelola Angkasa Pura (AP) II diperkirakan terjadi pada Senin, 15 April 2024.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill