Connect With Us

RSUD Kabupaten Tangerang Jadi Tempat Karantina Pasien Cacar Monyet

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 24 Agustus 2022 | 11:55

RSUD Kabupaten Tangerang. (tangerangkab.id / tangerangkab.id)

TANGERANGNEWS.com-RSUD Kabupaten Tangerang yang berlokasi di Jalan Jend. Ahmad Yani, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, dijadikan tempat karantina pasien cacar monyet atau monkeypox.

Pemerintah daerah setempat menyiapkan tempat tersebut sebagai langkah dalam mengantisipasi kemunculan wabah cacar monyet di wilayah Kabupaten Tangerang. 

"Pemkab sudah persiapkan RSUD Tangerang untuk tempat karantina apabila nanti di temukan. Untuk sementara baru RSUD Tangerang dulu yang disiapkan," ucap Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Selasa 23 Agustus 2022.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinkes Kabupaten Tangerang dr Sumihar Sihaloho mengatakan, virus cacar monyet kini menjadi perhatian khusus untuk pencegahan menyusul munculnya kasus pertama di DKI Jakarta.

"Kami menginstruksikan sejumlah fasilitas rumah sakit dan puskesmas  itu untuk meningkatkan kewaspadaan serta aktif mendeteksi secara dini dari ciri-ciri adanya wabah tersebut," katanya.

Penyebarluasan informasi melalui media sosial dan spanduk juga dilakukan Dinkes, untuk memberikan pengetahuan dan meningkatkan kewaspadaan masyarakat. 

Namun, sejauh ini di wilayah Kabupaten Tangerang sendiri belum ditemukan kasus penularan cara monyet sehingga masih masuk dalam kategori zona hijau.

"Saat ini masih belum ada kasus yang terlaporkan dan untuk pengawasan secara khusus bagi warga Kabupaten Tangerang yang bekerja di Jakarta itu tidak," ungkapnya. 

Kendati demikian, masyarakat diimbau untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat. Cacar monyet, menurut dr Sumihar, dapat dicegah dengan menggunakan masker, karena virus ini menyebar melalui mulut ke mulut.

"Juga menyebar dengan menghirup serpihan kulit atau virus, misalnya dari pakaian orang yang terinfeksi," kata dia.

BISNIS
Diumumkan Hari Ini, Simak Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Diumumkan Hari Ini, Simak Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Selasa, 23 April 2024 | 13:07

Hasil seleksi administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2024 sudah dapat dicek mulai Selasa, 23 April 2024.

MANCANEGARA
Sukses Siapkan SPKLU di Jalur Mudik Lebaran 2024. PLN Banjir Apresiasi

Sukses Siapkan SPKLU di Jalur Mudik Lebaran 2024. PLN Banjir Apresiasi

Senin, 22 April 2024 | 10:02

Kehadiran 1.299 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PT PLN (Persero) selama masa mudik dan balik Idul Fitri 1445 Hijriah dinilai sangat membantu para pemudik, khususnya pengguna kendaraan listrik.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

TANGSEL
Usai Didemo Warga, BRIN Kembali Buka Jalan Raya Puspitek

Usai Didemo Warga, BRIN Kembali Buka Jalan Raya Puspitek

Selasa, 23 April 2024 | 15:22

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kabulkan tuntutan warga mengenai pembatalan penutupan Jalan Ray Puspitek yang menghubungkan kawasan Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangsel dengan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill