Connect With Us

Jadi Tempat Persinggahan Pasukan Cirebon, Ini Arti Nama Desa Munjul Tangerang

Dimas Wisnu Saputra | Rabu, 28 September 2022 | 14:25

| Dibaca : 138

Papan nama Kantor Kepala Desa Munjul, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang. (Dimas Wisnu Saputra / @TangerangNews.com)

TANGERANGNEWS.com-Munjul merupakan salah satu desa di Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Munjul memiliki arti kata dari menjulang atau bias karena dataran yang tinggi diantara wilayah di sekelilingnya.

Warga Desa Munjul Mutho Syahrulloh mengatakan dikisahkan turun temurun pada suatu zaman kerajaan Cirebon yang melakukan ekspansi penyebaran agama Islam ke wilayah Banten.

Munjul tersebut adalah salah satu wilayah yang dilewati dan merupakan tempat persinggahan sebelum pasukan tersebut sampai ke tanah Banten. 

"Para pasukan tersebut sampai mendirikan sebuah kampung dan tempat ibadah (surau) di wilayah tersebut yang kemudian menamai wilayah tersebut adalah 'Munjul'," katanya kepada TangerangNews.com, Rabu, 28 September 2022.

Nama Munjul tersebut, kata dia, diambil dari hasil musyawarah. Adapun yang melatarbelakangi dinamakan Munjul, karena dataran yang ditempati lebih tinggi dari daerah sekitarnya.

Singkatnya, cerita para syiar agama banyak tinggal dan menetap di Munjul, dan yang lainnya melanjutkan syiar-syiar islam ke wilayah Banten lainnya.

Sekadar diketahui, kepala desa pertama di Desa Munjul dijabat oleh Arsan Bin Arwah. Kepala desa ini merupakan bentukan Kolonial Belanda yang menjabat tak terbatas hingga belasan tahun.

Sedangkan Kepala Desa Munjul kedua adalah H. Kasim yang juga bentukan Kolonial Belanda. Sementara kepala desa Munjul ketiga dan seterusnya merupakan hasil dari pemilihan warga.

KAB. TANGERANG
Belasan Atap Rumah Warga di Tigaraksa Tangerang Rusak Diterjang Hujan Angin

Belasan Atap Rumah Warga di Tigaraksa Tangerang Rusak Diterjang Hujan Angin

Minggu, 4 Desember 2022 | 23:05

TANGERANGNEWS.com-Hujan deras disertai angin kencang menyebabkan belasan rumah rusak berat di Desa Cisereh, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Minggu 4 Desember 2022.

TOKOH
Sita Ratnasari, Akuntan Cantik asal Karawaci yang Alih Profesi jadi Model Pengantin

Sita Ratnasari, Akuntan Cantik asal Karawaci yang Alih Profesi jadi Model Pengantin

Jumat, 18 November 2022 | 18:07

TANGERANGNEWS.com-Sita Ratnasari asal Bugel, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, membagikan sekelumit kisah hidupnya menjadi model pengantin.

BISNIS
Pengembang Lippo Bentuk URBNX Dorong Generasi Muda Berkarya

Pengembang Lippo Bentuk URBNX Dorong Generasi Muda Berkarya

Jumat, 2 Desember 2022 | 15:40

TANGERANGNEWS.com-URBNX, komunitas yang dibentuk PT Lippo Karawaci, berupaya menghubungkan generasi milenial dan generasi z, yang memiliki ide menarik untuk menciptakan impact demi kehidupan yang lebih baik.

TEKNO
Waspada Meledak, Simak Tips Aman Menggunakan Set Top Box

Waspada Meledak, Simak Tips Aman Menggunakan Set Top Box

Senin, 5 Desember 2022 | 11:58

TANGERANGNEWS.com-Akhir-akhir ini perangkat Set Top Box Digital menjadi pembicaraan hangat di media sosial, lantaran adanya insiden ledakan pada perangkat untuk menonton TV digital tersebut.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill