Connect With Us

Sebagian Besar Hewan Peliharaan di Kabupaten Tangerang Belum Divaksin Rabies

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 29 September 2022 | 18:34

| Dibaca : 114

Vaksinasi hewan peliharaan di Kabupaten Tangerang, Kamis 28 September 2022. (@TangerangNews / Website tangerangkab.go.id)

TANGERANGNEWS.com-Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang Asep Jatnika mengatakan masih banyak hewan peliharaan yang belum divaksin rabies. Saat ini pun cakupan vaksinasi rabies dalam populasi belum mencapai 70 persen. 

"Jadi kami berharap kepada masyarakat Kabupaten Tangerang yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing yang belum mendapatkan vaksin rabies, segera datang ke pusat kesehatan hewan," harapnya, Kamis 29 September 2022.

Ia menjelaskan, penyakit rabies adalah salah satu penyakit strategis dunia yang bersifat zoonosis atau menular dari hewan ke manusia, dengan tingkat kematian yang tinggi.

Pengendalian penyakit rabies yang efektif adalah dengan cara pencegahan melalui vaksinasi.

Karena itu, DPKP gencar melakukan vaksin rabies secara rutin. Seperti seperti sejumlah kegiatan vaksinasi gratis dalam rangka peringatan Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day), pada 28 September.

Kegiatan itu mulai di laksanakan pada tanggal 24 September 2022 secara on the spot di Area parkir Kantor Desa Gelam Jaya dan Pet Kingdom Gading Serpong. Kemudian pada tanggal 25 September 2022 di Sport Club Citra Raya dan 28 September 2022 di Area parkir Gedung Usaha Daerah.

Selain itu, terdapat juga dua lokasi vaksin rabies lainnya, seperti di Pukeswan Balaraja dan Pukeswan Panongan yang dilaksanakan sampai tanggal 29 September.

"Meski besok hari terakhir, tapi kami akan melanjutkan vaksin rabies gratis ini sepanjang dosis vaksin rabies kita masih tersedia," jelas Asep.

Asep meminta masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Tangerang agar terus meningkatkan kesadaran terkait pencegahan penyakit rabies pada binatang.

Jika sayang pada hewan peliharaan, maka segeralah berikan vaksin di beberapa tempat yang telah disediakan. 

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner DPKP drh. Kustri Windayani menjelaskan dalam kegiatan vaksin gratis ini turut melibatkan stakeholder terkait, seperti dari Dinas Pertanian Provinsi Banten, dan juga dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia cabang Banten.

Adapun syarat hewan yang akan divaksin harus berumur di atas 4 bulan dan sehat. Selain itu hewan tersebut juga sedang tidak hamil.

"Sampai hari ini capaian sudah lebih kurang 347 dosis vaksin rabies, diperuntukan untuk jenis hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kera dan musang," ujarnya.

Salah satu pemilik hewan, Uca menjelaskan, dirinya sangat menyambut baik dengan diadakannya vaksinasi rabies gratis ini. Kegiatan tersebut juga merupakan bentuk kepedulian pemerintah dalam mengatasi permasalahan rabies di Kabupaten Tangerang khususnya.

TOKOH
Sita Ratnasari, Akuntan Cantik asal Karawaci yang Alih Profesi jadi Model Pengantin

Sita Ratnasari, Akuntan Cantik asal Karawaci yang Alih Profesi jadi Model Pengantin

Jumat, 18 November 2022 | 18:07

TANGERANGNEWS.com-Sita Ratnasari asal Bugel, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, membagikan sekelumit kisah hidupnya menjadi model pengantin.

TEKNO
Hati-hati Tertipu Set Top Box Palsu, Ini Ciri-cirinya

Hati-hati Tertipu Set Top Box Palsu, Ini Ciri-cirinya

Sabtu, 3 Desember 2022 | 14:02

TANGERANGNEWS.com-Set Top Box (STB) merupakan perangkat tambahan yang digunakan untuk menangkap sinyal digital.

BANDARA
Demi Bertemu Anak, WNA Asal Suriah Kepergok Pakai Paspor Palsu di Bandara Soekarno-Hatta

Demi Bertemu Anak, WNA Asal Suriah Kepergok Pakai Paspor Palsu di Bandara Soekarno-Hatta

Rabu, 30 November 2022 | 15:33

GSA, 60, seorang pria warga negara asal Suriah ditahan lantaran kedapatan menggunakan paspor palsu saat memasuki Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill