Connect With Us

Pakaian Adat Bakal Berlaku di Sekolah Kabupaten Tangerang 2023

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 14 Oktober 2022 | 11:06

Siswa memakai seragam adat di sekolah. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Kewajiban penggunaan pakaian adat bagi siswa di sekolah akan rencananya akan mulai berlaku di Kabupaten Tangerang tahun 2023.

Dinas Pendidikan (Dindik) setempat tengah menyiapkan aturan teknis terkait pakaian adat terebut, menyusul adanya kebijakan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Semua harus ada payung hukum. Di pusat sudah ada. Kami sedang berbicara dengan Dispora dan Bapenda. Semoga saja tahun 2023 kita keluarkan aturan terkait seragam adat," kata Kepala Dindik Kabupaten Tangerang Syaifullah seperti dilansir dari Koran-Jakarta.com, Kamis 13 Oktober 2022.

Dalam Peraturan Mendikbudristek No 50/2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, disebutkan pihak sekolah dapat mengatur sejumlah pakaian murid mulai dari seragam nasional dan pramuka, hingga seragam khas.

Tak hanya itu, pakaian adat bagi peserta didik di sekolah pada hari atau acara adat tertentu juga disebutkan dalam ketentuan tersebut.

Sementara yang disiapkan Dindik Kabupaten Tangerang yakni peraturan mengenai model dan warna pakaian adat bagi siswa sekolah dasar hingga menengah, dengan memperhatikan ciri khas daerah dan hak peserta didik.

"Secara umum dasar seragam warna ungu-ungu, tapi itu harus dikaji, yang pantas buat anak-anak di Tangerang," kata Syaifullah.

Saat ini, pihaknya tengah berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah terkait untuk menyusun bentuk peraturan itu. Jika telah ditetapkan, jangan sampai nantinya malah menyusahkan masyarakat.

"Sedang dibahas apakah nanti bentuknya Perbup (Peraturan Bupati) atau seperti apa, prosesnya akan bertahap. Karena pengadaan jangan sampai memberatkan masyarakat," kata Syaifullah.

AYO! TANGERANG CERDAS
Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Terbatas hingga 31 Mei, Simak Syarat dan Cara Daftar Pra PPDB SD 2024 Kota Tangerang

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:29

Pemerintah Kota Tangerang telah membuka pendaftaran Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran baru. Tahap ini merupakan bagian dari proses PPDB yang harus diikuti.

KOTA TANGERANG
Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Warga Babakan Tangerang Digegerkan Penemuan Mayat Mengambang di Sungai Cisadane

Kamis, 28 Maret 2024 | 21:01

Mayat berjenis kelamin Laki-laki tanpa identitas ditemukan di Sungai Cisadane, Kelurahan babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Kamis 28 Maret 2024, pagi.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill