Connect With Us

Begini Upaya Jangka Panjang Jasa Marga Cegah Banjir di Pintu Tol Bitung Tangerang

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 17 November 2022 | 15:44

| Dibaca : 268

Penampakan banjir di ruas Jalan Tol Bitung tepatnya di Km 26 di Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Selasa, 15 November 2022. (Dimas Wisnu Saputra / @TangerangNews.com)

TANGERANGNEWS.com-Banjir di Pintu Tol Bitung sebagai akses Tol Jakarta-Tangerang akibat hujan deras di wilayah Tangerang tidak hanya menyebabkan kemacetan, tapi juga protes dari warga setempat.

Pasalnya akibat banjir, akses Exit Tol Bitung dari Arah Karawaci terpaksa ditutup selama empat hari. Selain itu, upaya pembuangan air dengan pompa mendapat protes dari warga Curug, Kabupaten Tangerang, karena berdampak ke pemukiman mereka.

Mengatasi masalah tersbeut, PT Jasa Marga mengaku telah membuat rencana sebagai upaya penanganan jangka panjang terhadap banjir di Pintu Tol Bitung.

Irra Susiyanti, Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Metropolitan Tollroad mengatakan, pihaknya akan membuat tambahan crossing saluran berupa gorong-gorong dan melakukan perawatan dan pengerukan polder secara berkala dari sampah dan sedimentasi.

"Kami juga akan meneruskan program rutin dan berkala terkait perawatan dan pembersihan saluran-saluran air," ungkapnya melalui siaran pers, Kamis 17 November 2022.

Baca Juga: Warga Desa Kadu Demo Pemukimannya Banjir Akibat Meluapnya Sungai di Tol Bitung

Untuk saat ini, akses Bitung sudah mulai bisa dilewati, setelah genangan berangsur surut. Baik akses keluar Bitung dari Jakarta maupun akses masuk Bitung menuju Cikupa, sudah kembali normal.

Sejak terjadi genangan di akses Bitung akibat curah hujan yang tinggi pada 13 November 2022, serta tingginya debit air di Kali Sabi dan Sungai Kali Manis, Jasa Marga secara bertahap memfungsikan 19 pompa.

"Terdiri dari 2 pompa submersible eksisting berkapasitas 60 liter/detik dan 30 liter/detik, serta 16 pompa mobile dengan kapasitas 80 liter/detik dan 1 pompa mobile berkapasitas 30 liter/detik," ujar Irra.

Jasa Marga juga telah lakukan upaya lainnya seperti perkuatan tanggul sementara yang dapat memisahkan aliran air dari waduk dengan air genangan di badan jalan tol.

"Lalu, menambah volume tampungan air dengan pengerukan di polder sebanyak 9.000 m3 dan melakukan pelebaran saluran di sisi Utara jalan tol yang menuju ke Sungai Kali Manis, sehingga dapat meningkatkan kapasitas aliran air di saluran tersebut," jelas Irra.

TANGSEL
4 Mobil Ringsek Tertimpa Tembok Akibat Longsor di Bintaro Tangsel

4 Mobil Ringsek Tertimpa Tembok Akibat Longsor di Bintaro Tangsel

Jumat, 2 Desember 2022 | 14:10

TANGERANGNEWS.com-Peristiwa longsor menyebabkan tembok setinggi 4 meter roboh, hingga menimpa empat mobil yang terparkir di Kantor CIMB Niaga Auto Finance, Jalan Raya Bintaro Sektor IX, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

MANCANEGARA
Bom Meledak di Madrasah Afganistan, 15 Tewas

Bom Meledak di Madrasah Afganistan, 15 Tewas

Kamis, 1 Desember 2022 | 00:36

TANGERANGNEWS.com-Ledakan bom terhadi di sebuah madrasah di Kota Abyak, Provinsi Samangan, Afghanistan Utara, Rabu 30 November 2022. Akibat ledakan ini sedikitnya 15 orang tewas dan 20 lainnya luka-luka.

BISNIS
Pengembang Lippo Bentuk URBNX Dorong Generasi Muda Berkarya

Pengembang Lippo Bentuk URBNX Dorong Generasi Muda Berkarya

Jumat, 2 Desember 2022 | 15:40

TANGERANGNEWS.com-URBNX, komunitas yang dibentuk PT Lippo Karawaci, berupaya menghubungkan generasi milenial dan generasi z, yang memiliki ide menarik untuk menciptakan impact demi kehidupan yang lebih baik.

WISATA
Berisiko, Hindari 6 Destinasi Wisata Ini Ketika Musim Hujan

Berisiko, Hindari 6 Destinasi Wisata Ini Ketika Musim Hujan

Jumat, 2 Desember 2022 | 09:43

TANGERANGNEWS.com-Jelang libur akhir tahun, biasanya orang-orang telah mulai menyiapkan rencana liburannya dengan berwisata.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill