Connect With Us

Sehari Warga Kabupaten Tangerang Hasilkan 2.000 Ton Sampah, Cuma 800 Ton Bisa Diangkut

Dimas Wisnu Saputra | Selasa, 21 Februari 2023 | 19:00

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Achmad Taufik. (@TangerangNews / Dimas Wisnu Saputra)

TANGERANGNEWS.com-Masyarakat Kabupaten Tangerang hasilkan 2.000 sampah dalam satu hari. Namun Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) hanya bisa mengangkut sekitar 800-1.000 ton saja.

"2.000 ton dalam sehari, yang bisa kita angkut itu sekitar 800 ton sampai 1000 ton saja. Karena apa, karena ada juga yang diambil sama bos limbah, ada yang diambil botol-botolnya," ucap Kepala DLHK Kabupaten Tangerang Achmad Taufik saat acara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023, Selasa, 21 Februari 2023 .

Dia menyebutkan, pihaknya hanya mempunyai 120 truk sampah di Kabupaten Tangerang dan 40 truk di Kecamatan.

"Idealnya untuk mengangkut 2.000 ton itu harus mempunya 800 truk. Penyelesaian sampahnya berada di tempat pembuangan akhir (TPA)," katanya.

Maka dari itu, pihaknya mempunyai program TPS 3R (Reduce, Reuse, Recycle)  yang nantinya keterbatasan armada itu bisa ditekan, namun sampah terangkut semua.

"TPS 3R untuk mengurangi sampah ke TPA, sehingga tidak lagi membutuhkan 800 armada. Ada pemilihan dan daur ulang," ujar Taufik.

Dia juga mengatakan, di Kabupaten Tangerang ada 114 unit bank sampah dan akan terus disosialisasikan agar jumlahnya terus meningkat.

"Karena peran serta masyarakat ini sangat sangat bermanfaat dan dibutuhkan. Dalam rangka pengurangan sampah yang dibuang ke TPA," katanya.

Bank sampah ini juga bisa membantu kebutuhan-kebutuhan yang ada dimasyarakat, seperti untuk membeli pulsa listrik dan kebutuhan lainnya.

"Yang dikumpulkan teman-teman bank sampah itu adalah yang bernilai ekonomi, seperti kemasan air mineral, kardus, dan bisa  juga potongan-potongan besi," pungkasnya.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

KOTA TANGERANG
Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Calon Gubernur Banten

Sosok Arief R Wismansyah Dinilai Calon Kuat Calon Gubernur Banten

Sabtu, 20 April 2024 | 12:47

Sosok Arief R Wismansyah tidak asing lagi bagi warga di provinsi Banten, apalagi di wilayah Tangerang. Kepemimpinannya dalam menahkodai Kota Tangerang dikenal luas publik.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill