Connect With Us

Ada 38 Kasus LSD, Pemkab Tangerang Vaksin Ribuan Hewan Ternak

Dimas Wisnu Saputra | Kamis, 23 Februari 2023 | 20:54

Petugas saat melakukan pemeriksaan hewan dalam mencegah penularan penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kabupaten Tangerang. (Dimas Wisnu Saputra / @TangerangNews.com)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menerima laporan sebanyak 38 kasus hewan ternak terjangkit penyakit kulit berbenjol atau Lumpy Skin Disease (LSD).

Atas kasus yang terjadi ini, Pemkab melakukan antisipasi dengan memberikan vaksin LSD kepada 1.100 ekor sapi dan kerbau.

"Kami sudah menerima alokasi dosis vaksin dari Kementerian Pertanian sebanyak 800 dosis, ditambah dari bantuan Perusahaan sebanyak 300 dosis. Jadi total ada sekitar 1.100 dosis vaksin," kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner pada Dinas PKP Kabupaten Tangerang Joko Ismadi, Kamis, 23 Februari 2023.

Dia mengatakan, dari ribuan dosis vaksin LSD tersebut nantinya akan disalurkan secara massif terhadap jumlah total dari populasi hewan ternak di Kabupaten Tangerang. 

Dari jumlah vaksin itu, pihaknya menargetkan pelaksanaan vaksinasi untuk hewan ternak berkaki empat seperti sapi dan kerbau.

"Sampai dengan Senin, 20 Februari 2023, hewan ternak (sapi dan kerbau) yang telah mendapatkan vaksinasi LSD sebanyak lebih dari 220 ekor. Kemudian, pada hari ini juga kami telah memvaksin 198 ekor. Total yang sudah tervaksin sebanyak 418 ekor," jelasnya.

Dia menjelaskan, selain pemberian vaksin, Pemkab Tangerang juga sudah melakukan beberapa langkah konkret. 

Antara lain, pengetatan pemeriksaan lalu lintas ternak dan produk ternak, menerapkan isolasi per kandang dan melaksanakan pengobatan terhadap ternak yang terpapar.

"Kami juga mengimbau agar peternak tetap menjaga kebersihan kandang dengan penyemprotan menggunakan disinfektan dan memberikan pakan ternak yang baik, sehingga sapi tetap sehat," pungkasnya.

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

KOTA TANGERANG
Kumuh dan Bikin Macet, Pasar Sipon Kota Tangerang Bakal Segera Ditata

Kumuh dan Bikin Macet, Pasar Sipon Kota Tangerang Bakal Segera Ditata

Jumat, 19 April 2024 | 09:51

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berencana melakukan penataan terhadap Pasar Sipon, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill