Connect With Us

Atut Resmikan Tandon Air Rp11,47 Miliar di Kronjo

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 14 April 2011 | 20:15

Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah (tangerangnews / dira)

 

TANGERANGNEWS.com-Gubernur Banten meresmikan tandon air senilai Rp 11, 47 Miliar, yang berfungsi untuk cadangan air di musim kemarau di Desa Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten.

"Dengan adanya tando air ini diharapkan kebutuhan air di wilayah Kronjo untuk pertanian tidak terjadi kekurangan," kata Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah disela-sela persemian Tandon Air di Desa Kronjo, Kamis.

Tandon Air di desa Kronjo merupakan yang pertama di bangun. Tandon air tersebut memiliki luas 5,6 hektar dengan luas tampung sebesar 4,5 hektar. Dari Tandon air tersebut, nantinya dapat mengairi persawahan seluas 60 hektar.

Selain itu, Tandon Air Kronjo juga dilengkapi dengan listrik berkekuatan enam ribu megawatt serta lima unit Mandi Cuci Kakus (MCK). Di sekeliling Tandon Air, disediakan pula joging track yang dimaksudkan untuk menjadi objek wisata.

 "Tandon Air Kronjo memiliki fungsi sebagai konservasi dan objek wisata. Karena, lokasinya sudah dilengkapi dengan joging track dan infrastruktur jalan pun sudah diperbaiki," katanya menjelaskan.

Sumber air sendiri, Gubernur menambahkan, berasal dari aliran sungai Cicilian. Bila nantinya terjadi peningkatan debit air, maka air akan masuk ke dalam tandon. "Tandon tersebut mampu menjadi cadangan air selama tiga bulan," katanya.

Gubernur menuturkan, saat ini pihaknya sedang berusaha untuk membangun tandon air di wilayah lainnya. Pasalnya, pemerintah sering kali terkendala lahan.

"Untuk pembangunan tandon air di Kronjo, sudah direncanakan sejak tahun 2010. Karena, sering kali terkendala pembebasan lahan. Namun, akana dilakukan di wilayah lainnya," katanya.

Ketua Perkumpulan Pengguna Pemakai Air Desa Kronjo, Efriyanto menuturkan, ada empat desa yang akan menerima aliran dari tandon air yakni desa Klutuk, Desa Muncung, Desa Pasilian dan Desa Kronjo.

Selain itu, dengan adanya tandon air, ditambahkannya, petani akan terbantu dalam sistem cadangan air. Karena, selama ini, petani kerap kali mengalami kesulitan ketika memasuki musim kemarau, terutama mencari cadangan air.

"Bila memasuki musim kemarau seperti saat ini, cadangan air sangat sulit. Tetapi dengan adanya tandon air maka akan terbantu," katanya. (ANT/VAN)
PROPERTI
AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

AMMAIA Ecoforest Hadirkan Hunian Eksklusif Sejuk dan Ramah Lingkungan di Tangerang, Mulai dari Rp1,8 Miliar

Rabu, 24 April 2024 | 21:36

Astra Land Indonesia (ALI) melalui kerjasama dua developer properti terkemuka Astra Property dan Hongkong Land, menghadirkan kawasan perumahan eksklusif bernama AMMAIA Ecoforest, di kawasan Suvarna Sutera, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

KAB. TANGERANG
Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Usai Lebaran, 1.274 Pendatang Masuk ke Kabupaten Tangerang

Jumat, 26 April 2024 | 22:48

Usai Lebaran 2024. sebanyak 1.274 jiwa penduduk baru tercatat datang ke wilayah Kabupaten Tangerang.

TEKNO
Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kerap Rugikan Konsumen, Pelaku Usaha RT/RW Net Diimbau Ikuti Aturan Kemenkominfo

Kamis, 25 April 2024 | 14:20

Baru-baru ini kembali mencuat maraknya praktik ilegal RT/RW Net. Sebab, praktik ilegal ini tak hanya merugikan penyelenggara jasa telekomunikasi, juga berdampak negatif bagi konsumen di Indonesia.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill