Connect With Us

Atut Resmikan Tandon Air Rp11,47 Miliar di Kronjo

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 14 April 2011 | 20:15

| Dibaca : 29489

Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah (tangerangnews / dira)

 

TANGERANGNEWS.com-Gubernur Banten meresmikan tandon air senilai Rp 11, 47 Miliar, yang berfungsi untuk cadangan air di musim kemarau di Desa Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten.

"Dengan adanya tando air ini diharapkan kebutuhan air di wilayah Kronjo untuk pertanian tidak terjadi kekurangan," kata Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah disela-sela persemian Tandon Air di Desa Kronjo, Kamis.

Tandon Air di desa Kronjo merupakan yang pertama di bangun. Tandon air tersebut memiliki luas 5,6 hektar dengan luas tampung sebesar 4,5 hektar. Dari Tandon air tersebut, nantinya dapat mengairi persawahan seluas 60 hektar.

Selain itu, Tandon Air Kronjo juga dilengkapi dengan listrik berkekuatan enam ribu megawatt serta lima unit Mandi Cuci Kakus (MCK). Di sekeliling Tandon Air, disediakan pula joging track yang dimaksudkan untuk menjadi objek wisata.

 "Tandon Air Kronjo memiliki fungsi sebagai konservasi dan objek wisata. Karena, lokasinya sudah dilengkapi dengan joging track dan infrastruktur jalan pun sudah diperbaiki," katanya menjelaskan.

Sumber air sendiri, Gubernur menambahkan, berasal dari aliran sungai Cicilian. Bila nantinya terjadi peningkatan debit air, maka air akan masuk ke dalam tandon. "Tandon tersebut mampu menjadi cadangan air selama tiga bulan," katanya.

Gubernur menuturkan, saat ini pihaknya sedang berusaha untuk membangun tandon air di wilayah lainnya. Pasalnya, pemerintah sering kali terkendala lahan.

"Untuk pembangunan tandon air di Kronjo, sudah direncanakan sejak tahun 2010. Karena, sering kali terkendala pembebasan lahan. Namun, akana dilakukan di wilayah lainnya," katanya.

Ketua Perkumpulan Pengguna Pemakai Air Desa Kronjo, Efriyanto menuturkan, ada empat desa yang akan menerima aliran dari tandon air yakni desa Klutuk, Desa Muncung, Desa Pasilian dan Desa Kronjo.

Selain itu, dengan adanya tandon air, ditambahkannya, petani akan terbantu dalam sistem cadangan air. Karena, selama ini, petani kerap kali mengalami kesulitan ketika memasuki musim kemarau, terutama mencari cadangan air.

"Bila memasuki musim kemarau seperti saat ini, cadangan air sangat sulit. Tetapi dengan adanya tandon air maka akan terbantu," katanya. (ANT/VAN)
OPINI
Banten Darurat Kekerasan Anak

Banten Darurat Kekerasan Anak

Rabu, 14 April 2021 | 14:25

Oleh: Eresia Nindia W, Ibu rumah tangga

TOKOH
KH Uci Turtusi Meninggal Dunia, Selamat Jalan Abuya

KH Uci Turtusi Meninggal Dunia, Selamat Jalan Abuya

Selasa, 6 April 2021 | 08:26

TANGERANGNEWS.com-Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Kabar duka datang dari Abuya

WISATA
Ada Menara Eiffel di Karawaci Tangerang

Ada Menara Eiffel di Karawaci Tangerang

Selasa, 6 April 2021 | 12:54

TANGERANGNEWS.com-Destinasi wisata teranyar Kota Tangerang di Ecofarm

NASIONAL
Le Minerale Beri 65.000 Galon Air ke Pasien COVID-19 di Wisma Atlet

Le Minerale Beri 65.000 Galon Air ke Pasien COVID-19 di Wisma Atlet

Kamis, 25 Maret 2021 | 13:30

TANGERANGNEWS.com-Le Minerale sebagai produk air mineral kemasan

""Jangan tertipu oleh orang yang membaca Al Quran. Tapi lihatlah kepada mereka orang yang perilakunya senantiasa sesuai dengan Al Quran.""

Umar bin Khattab