Connect With Us

30 Petani Rumput Laut Tangerang Diajar Pascapanen dan Sistem Resi Gudang

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 19 Juni 2024 | 17:49

Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menyelenggarakan sosialisasi mengenai Pascapanen dan Sistem Resi Gudang Rumput Laut di Hotel Istana Nelayan, Kota Tangerang, pada Rabu, 19 Juni 2024. (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com-Dinas Perikanan Kabupaten Tangerang menyelenggarakan sosialisasi mengenai Pascapanen dan Sistem Resi Gudang Rumput Laut di Hotel Istana Nelayan, Kota Tangerang, pada Rabu, 19 Juni 2024.

Acara ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Tangerang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir. 

Sekitar 30 petani rumput laut dari berbagai wilayah di Kabupaten Tangerang hadir dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengelola dan memasarkan hasil panen.

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Rini Dwi Ari Hayati menjelaskan, sosialisasi ini dilakukan sebagai langkah strategis untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Selain itu, sosialisasi juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran petani rumput laut tentang praktik terbaik dalam pasca panen, pengelolaan, pemasaran rumput laut, serta manfaat dari sistem resi gudang untuk meningkatkan nilai ekonomis dan keberlanjutan industri rumput laut.

Rini mengatakan, produksi rumput laut di sektor perikanan sebagai komoditas memiliki potensi besar untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Terlebih, Kabupaten Tangerang memiliki wilayah potensial untuk pengembangan rumput laut di sepanjang garis pantai dari Teluk Naga hingga wilayah Kemiri. 

"Potensi ini harus selalu ditingkatkan agar rumput laut dapat menjadi komoditas unggulan yang mengangkat perekonomian masyarakat pesisir," ujar Rini dalam sambutannya.

Tak hanya itu, rumput laut juga bisa menjadi alternatif pangan yang sangat bernilai gizi, dan produk olahannya dapat membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat pesisir, sehingga membantu meningkatkan kesejahteraan mereka.

Rini berharap melalui kegiatan ini, para petani rumput laut dapat terus mengembangkan pengetahuannya, mulai dari pengelolaan hingga pemasaran, serta dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam kepada para petani tentang proses pasca panen rumput laut serta manfaat dari sistem resi gudang.

"Sehingga dapat memberikan dampak positif bagi para petani rumput laut di Kabupaten Tangerang," pungkasnya.

BANTEN
Kalifah Banten Tampilkan Leuit Baduy di MTQ Nasional Kaltim 2024

Kalifah Banten Tampilkan Leuit Baduy di MTQ Nasional Kaltim 2024

Sabtu, 7 September 2024 | 22:39

Kafilah Provinsi Banten menampilkan Leuit Baduy pada Pawai Taaruf Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke XXX Kalimantan Timur (Kaltim) Tahun 2024.

MANCANEGARA
Buron, Mantan Wali Kota Filipina Alice Guo Ditangkap di Tangerang

Buron, Mantan Wali Kota Filipina Alice Guo Ditangkap di Tangerang

Rabu, 4 September 2024 | 16:50

Kepolisian Indonesia berhasil membekuk seorang buronan bernama Alice Guo di kawasan Tangerang.

BANDARA
 Bandara Soekarno-Hatta Sukses Kawal Kedatangan dan Kepulangan Paus Fransiskus

Bandara Soekarno-Hatta Sukses Kawal Kedatangan dan Kepulangan Paus Fransiskus

Jumat, 6 September 2024 | 12:47

Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan sukses mengawal kedatangan dan kepulangan Paus Fransiskus.

KAB. TANGERANG
Lebih dari 7.000 Pelamar Daftar Formasi CPNS Pemkab Tangerang, Damkar Paling Diminati 

Lebih dari 7.000 Pelamar Daftar Formasi CPNS Pemkab Tangerang, Damkar Paling Diminati 

Sabtu, 7 September 2024 | 22:13

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang membuka 500 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024, yang terdiri dari 272 posisi tenaga kesehatan dan 228 tenaga teknis.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill