Connect With Us

4 Lembaga Survei Unggulkan Paslon Moch. Maesyal-Intan di Pilkada Tangerang 2024

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 21 Agustus 2024 | 12:53

Moch. Maesyal Rasyid dan Intan Nurul Hikmah kandidat calon Bupati Tangerang pada Pilkada Kabupaten Tangerang 2024 (@TangerangNews / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Empat lembaga survei baru-baru ini mengeluarkan hasil survei terkait kandidat Bupati Tangerang dalam Pilkada 2024. 

Dari hasil survei, diketahui dua pasangan calon terkuat, yakni Moch. Maesyal Rasyid - Intan Nurul Hikmah dan Mad Romli - Irvansah.

Menurut Lembaga Survei Indonesia (LSI) dalam simulasi yang melibatkan 11 nama hingga simulasi head-to-head, dua kandidat yang konsisten mendominasi adalah Maesyal Rasyid dan Mad Romli. 

Pada simulasi head-to-head, Maesyal mendapatkan 40,6 persen dukungan, sementara Mad Romli memperoleh 37,5 persen.

Demikian hasil survei dari Indikator Politik Indonesia pun menunjukkan bahwa Maesyal Rasyid menjadi pilihan terbanyak masyarakat dalam survei "top of mind," yang mengukur pilihan spontan responden. 

Maesyal unggul dengan 22,3 persen, disusul oleh Mad Romli dengan 13,6 persen. Namun, sebagian besar responden, yaitu 53,9 persen, belum menentukan pilihannya.

Sementara Pandawa Research melaporkan bahwa Maesyal menduduki posisi teratas dengan dukungan 33,4 persen, memiliki 21,0 persen pendukung kuat, dan tingkat pengenalan sebesar 66,1 persen. 

Sedangkan, Mad Romli berada di urutan kedua dengan 24,3 persen dukungan, 11,7 persen pendukung kuat, dan tingkat pengenalan 76,4 persen.

Arus Survey Indonesia (ASI) menunjukkan Maesyal masih unggul dalam elektabilitas dengan 42,2 persen, diikuti oleh Mad Romli dengan 33,2 persen. 

Tercatat sebanyak 24,7 persen responden belum menentukan pilihan atau tidak memberikan jawaban.

Adapun survei ini melibatkan 4.560 responden dari seluruh kecamatan di Kabupaten Tangerang, dengan metode wawancara langsung dan pemilihan responden secara acak bertingkat. 

Survei berlangsung dari 28 Juli hingga 3 Agustus 2024, dengan margin of error ±5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Sebagai tambahan, pasangan Maesyal Rasyid - Intan Nurul Hikmah saat ini didukung oleh sejumlah parta besar seperti Gerindra, PKS, NasDem, PKB, dan PAN. 

Projo Banten juga menyatakan dukungannya kepada Maesyal dalam Pilkada Tangerang 2024, sebagaimana disampaikan oleh Ketua DPD Projo Banten, Zulhamedy.

Seperti diketahui, Maesyal Rasyid sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang sebelum mengundurkan diri pada Juli 2024 untuk maju dalam Pilkada. 

Di sisi lain, Intan Nurul Hikmah merupakan kader Partai Golkar dan mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang periode 2009-2014.

Ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Kabupaten Tangerang sekaligus Pembina Kang Nong Kabupaten Tangerang.

Intan diprediksi berpotensi untuk meraup dukungan dari kalangan perempuan dan generasi muda berkat perannya dalam pemberdayaan perempuan dan keterlibatannya dalam kegiatan masyarakat.

SPORT
Kalah dari Persik Kediri, Pelatih Persita Sebut Pertandingan Tak Ideal

Kalah dari Persik Kediri, Pelatih Persita Sebut Pertandingan Tak Ideal

Kamis, 19 September 2024 | 10:40

Persita Tangerang harus menelan kekalahan tipis 0-1 dari tuan rumah Persik Kediri pada lanjutan pekan kelima BRI Liga 1 2024/25 di Stadion Brawijaya, Kediri, pada Rabu, 18 September 2024.

NASIONAL
PLN Paparkan Strategi Menuju Net Zero Emissions 2060, Bakal Kurangi PLTU 

PLN Paparkan Strategi Menuju Net Zero Emissions 2060, Bakal Kurangi PLTU 

Kamis, 19 September 2024 | 09:24

PT PLN (Persero) membeberkan langkah-langkah strategis dalam mendukung transisi energi menuju Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060.

TOKOH
Profil Faisal Basri, Ekonom Senior Indonesia yang Meninggal Dunia Hari Ini

Profil Faisal Basri, Ekonom Senior Indonesia yang Meninggal Dunia Hari Ini

Kamis, 5 September 2024 | 12:31

Ekonom senior Indonesia, Faisal Basri, dikabarkan meninggal dunia pada Kamis, 5 September 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill