Connect With Us

Tanpa Tarif! Tol Baru di BSD Tangerang Dibuka Hari Ini

Fahrul Dwi Putra | Senin, 30 September 2024 | 05:42

Ilustrasi jalan tol. (Shutterstock / Shutterstock)

TANGERANGNEWS.com- Tol Serpong-Balaraja (Serbaraja) Seksi 1B resmi dibuka secara fungsional mulai 30 September 2024 dengan tanpa dikenakan tarif. 

Hal ini dilakukan sebagai bagian dari sosialisasi kepada pengguna tol sebelum penetapan pengoperasian resmi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Berdasarkan Surat Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Nomor BM 0702-TI/661, tertanggal 27 September 2024, Tol Serbaraja Seksi 1B (Simpang Susun CBD - Simpang Susun Legok) dinyatakan dapat dioperasikan secara fungsional hingga keluarnya Keputusan Menteri PUPR terkait pengoperasian tol ini.

Dikutip dari detikFinance, Tol Serbaraja Seksi 1B merupakan kelanjutan dari Seksi 1A yang telah lebih dulu beroperasi sejak Oktober 2022. 

Tol ini akan membentang sepanjang lebih dari 40 kilometer dan terbagi dalam tiga seksi besar, yaitu:

  • Seksi 1: Serpong - Legok (±9,8 km)
  • Seksi 2: Legok - Pasir Barat (±11,5 km)
  • Seksi 3: Pasir Barat - Balaraja (±18,6 km)

Seksi 1B sendiri memiliki panjang 5,5 km dan diharapkan mampu meningkatkan konektivitas antara pusat ekonomi dan kawasan perumahan di Kabupaten Tangerang. 

Dengan dibukanya tol ini, waktu tempuh dari dan menuju Jakarta juga dapat dipersingkat.

Presiden Direktur PT Trans Bumi Serbaraja sekaligus Direktur PT Bumi Serpong Damai Tbk Siswanto Adisaputro menjelaskan, pengoperasian tol ini dilakukan tanpa tarif untuk sementara waktu.

Ini dimaksudkan agar pengguna tol dapat menikmati fasilitas dengan nyaman sembari dilakukan uji coba infrastruktur.

"Operasional tol akan dibuka secara fungsional tanpa dikenakan tarif untuk sementara waktu guna memberikan kenyamanan dan uji coba kesiapan infrastruktur. PT Trans Bumi Serbaraja terus berkomitmen untuk memenuhi seluruh Standar Pelayanan Minimum (SPM) bagi pengguna jalan Tol Serbaraja seksi 1A dan seksi 1B dalam pengoperasiannya," ujar Siswanto dalam keterangan tertulisnya pada Minggu, 29 September 2024.

Sebelum dibuka, Tol Serbaraja Seksi 1B telah melalui berbagai uji kelaiakan, seperti Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO). 

Sertifikasi Laik Operasi (SLO) juga telah diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR dengan Nomor BM 0603-Db/1005 pada 20 September 2024.

Tol Serbaraja menjadi salah satu infrastruktur baru yang hadir di BSD City untuk memudahkan mobilitas masyarakat. 

Selain itu, BSD City juga dapat diakses melalui beberapa jalur tol lainnya seperti Tol Jakarta-Serpong, Tol Serpong-Cinere, dan Tol Jakarta-Merak/Kebon Jeruk yang terhubung dengan Tol JORR 2, Tol Bandara Soekarno-Hatta, Tol Jagorawi, dan ruas tol lainnya di Pulau Jawa.

MANCANEGARA
Kutuk Keras Serangan Israel ke Lebanon, Presiden Jokowi Serukan Tindakan Cepat PBB

Kutuk Keras Serangan Israel ke Lebanon, Presiden Jokowi Serukan Tindakan Cepat PBB

Kamis, 26 September 2024 | 13:42

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan tegas mengutuk serangan Israel ke Lebanon yang telah menimbulkan ratusan korban jiwa.

HIBURAN
Gaji Rp4 Juta UMK Tangerang, Berapa Lama untuk Kumpulkan Rp300 Juta? Ini Skemanya

Gaji Rp4 Juta UMK Tangerang, Berapa Lama untuk Kumpulkan Rp300 Juta? Ini Skemanya

Senin, 14 Oktober 2024 | 05:28

Mendapatkan rumah impian di era sekarang terasa seperti mimpi yang sulit diwujudkan, terutama bagi yang memiliki gaji pas-pasan. Namun, bukan berarti tidak mungkin.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill