Connect With Us

Keren, Topi Bambu dari Kabupaten Tangerang Tembus Nominasi UCCN UNESCO

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 2 Oktober 2024 | 07:51

Sejumlah warga Tangerang saat itu sedang membuat kerajinan tangan berupa topi bambu. (Istimewa / Istimewa)

TANGERANGNEWS.com- Salah satu kerajinan khas Kabupaten Tangerang, topi bambu berhasil masuk dalam empat besar nominasi UNESCO Creative Cities Network (UCCN) 2025. 

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ujang Sudiartono menjelaskan, program UCCN adalah bagian dari upaya Pemkab Tangerang untuk mempromosikan produk ekonomi kreatif, khususnya kerajinan bambu, ke kancah internasional. 

"Produk bambu menjadi ciri khas Kabupaten Tangerang salah satunya yaitu topi bambu, dan ini menjadi salah satu yang kita perjuangkan untuk bisa masuk ke level internasional," ucapnya pada rapat lanjutan di Ruang Rapat Wareng Gedung Bupati Tangerang, Senin, 30 September 2024.

Selain Kabupaten Tangerang, tiga daerah lain yang berhasil masuk nominasi empat besar UCCN adalah Kabupaten Ponorogo, Kota Malang, dan Kota Makassar. 

Saat ini, Pemkab Tangerang tengah fokus mempersiapkan dokumen dan pemberkasan yang diperlukan, bekerja sama dengan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

"Masih harus dilakukan pengumpulan serta perbaikan data-data yang diminta oleh panitia seleksi nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk menyempurnakan dossier," tambahnya.

Ujang optimistis Kabupaten Tangerang memiliki peluang besar untuk menjadi bagian dari jaringan Kota Kreatif UNESCO pada tahun 2025.

"Sehingga kita bisa mengenalkan potensi Kabupaten Tangerang di kancah internasional," tutupnya.

WISATA
Rekreasi Sambil Belajar, Rekomendasi 4 Wisata Edukasi di Kota Tangerang

Rekreasi Sambil Belajar, Rekomendasi 4 Wisata Edukasi di Kota Tangerang

Sabtu, 19 Oktober 2024 | 06:28

Jika Anda sedang mencari destinasi menarik untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga tanpa harus keluar kota, Kota Tangerang menawarkan berbagai pilihan tempat wisata edukasi.

AYO! TANGERANG CERDAS
100 Guru SMP di Kota Tangerang Ikut Bela Negara, Nurdin: Songsong Indonesia Emas 2045

100 Guru SMP di Kota Tangerang Ikut Bela Negara, Nurdin: Songsong Indonesia Emas 2045

Kamis, 17 Oktober 2024 | 12:44

Sebanyak 100 guru SMP Negeri dan Swasta di Kota Tangerang mengikuti kegiatan Bela Negara yang digelar di BBPPMPV Bispar, Depok, Rabu, 16 Oktober 2024.

NASIONAL
Ingin Tahu Kandungan Bahan pada Amaterasun Sunscreen?

Ingin Tahu Kandungan Bahan pada Amaterasun Sunscreen?

Senin, 21 Oktober 2024 | 18:00

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa sunscreen merupakan salah satu produk perawatan kulit yang wajib dimiliki, terlebih bagi mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan.

PROPERTI
Permudah Urus PBG, Dinas Perkimtan Sediakan Desain Rumah Gratis

Permudah Urus PBG, Dinas Perkimtan Sediakan Desain Rumah Gratis

Selasa, 22 Oktober 2024 | 17:12

Pemerintah Kota Tangerang tengah mempersiapkan kabar baik bagi masyarakat yang ingin membangun rumah untuk memudahkan dalam mengurus perizinan bangunan gedung atau PBG.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill