Connect With Us

Dorong Kerajinan Bambu ke Pasar Dunia, Pemkab Tangerang Gelar Festival Bambu Expo 2024

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 17 Oktober 2024 | 19:06

Pj Bupati Tangerang Andi Ony membuka Festival Bambu Tangerang Expo 2024, di Hotel Yasmin, Kamis 17 Oktober 2024. (@TangerangNews / Rangga Agung Zuliansyah)

TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menggelar Festival Bambu Tangerang Expo 2024, di Hotel Yasmin, Binong, Kamis 17 Oktober 2024.

Kegiatan ini sebagai upaya mendorong dan mengembangkan kerajinan bambu dari daerah Kabupaten Tangerang, agar lebih dikenal di kancah nasional dan mancanegara.

"Entitas bambu Kabupaten Tangerang harus terus didorong dan dikembangkan agar berbagai kerajinan bambu kita bisa lebih dikenal, baik nasional maupun internasional," kata Pj Bupati Tangerang Andi Ony saat membuka Festival Bambu Tangerang Expo 2024, Kamis 17 Oktober 2024.

Menurut dia, bambu sejak dahulu sudah banyak dimanfaatkan masyarakat. Bambu merupakan sumber bahan untuk membuat peralatan rumah tangga dan produk kreatif lainnya seperti cenderamata, kerajinan, bahkan sudah menjadi bagian dari lambang Kabupaten Tangerang.

"Topi bambu Tangerang sejak 1887 sudah sampai Prancis dan Cina dan jadi kebanggaan kita bersama sebagai masyarakat Kabupaten Tangerang. Memakai topi bambu itu adalah bagian dari kebanggaan kita bersama," ujar Andi Ony.

Adanya jejaring Kota/Kabupaten Kreatif yang digagas Unesco Creatives Cities Network (UCCN), mendorong Pemkab Tangerang mendaftarkan kriya bambu asli Kabupaten Tangerang masuk seleksi dunia UCCN.

Apapun hasilnya, Pemkab Tangerang bersama-sama seluruh pihak akan terus berupaya, untuk bergerak maju mewujudkan kriya bambu sebagai salah satu produk unggulan Kabupaten Tangerang Expo.

"Jangan pernah patah arang, banyak jalan menuju roma. Kita harus terus untuk membuat masyarakat Kabupaten Tangerang bangga akan bambunya," tandasnya.

Andi Ony menambahkan banyak daerah lain yang punya bambu tapi tidak memiliki dasar sejarah panjang seperti Kabupaten Tangerang. Topi bambu Kabupaten Tangerang yang sudah mencapai pasar dunia.

"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan festival bambu Tangerang. Ini adalah bentuk konkret dukungan Pemkab Tangerang terhadap sumber daya alam kita, berupa potensi tanaman bambu yang masih tersebar luas di beberapa wilayah Kabupaten Tangerang," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Bappeda Erwin Mawandi mengungkapkan Festival Bambu Tangerang Expo ini, merupakan rangkaian dari komitmen bersama, untuk mengembangkan komoditas bambu sebagai produk unggulan Kabupaten Tangerang menuju pentas dunia.

"Semoga entitas bambu di Kabupaten Tangerang bisa terus berkembang dan maju, seperti beberapa dekade lalu kita dikenal akan topi bambunya," ungkapnya.

NASIONAL
PLN EV Conversion Race 2024 Putaran Kedua Sukses Digelar, Ini Daftar Pemenangnya 

PLN EV Conversion Race 2024 Putaran Kedua Sukses Digelar, Ini Daftar Pemenangnya 

Selasa, 15 Oktober 2024 | 14:29

PT PLN (Persero) bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (AISMOLI) sukses menyelenggarakan ajang PLN EV Conversion Race 2024 Putaran Kedua

TOKOH
Innalillahi, Ismet Iskandar Mantan Bupati Tangerang Meninggal Dunia

Innalillahi, Ismet Iskandar Mantan Bupati Tangerang Meninggal Dunia

Rabu, 16 Oktober 2024 | 07:16

Kabar duka datang dari Tangerang. Bupati Tangerang selama dua periode, yakni 2003-2008 dan 2008-2013 Ismet Iskandar, telah berpulang ke rahmatullah pada Selasa malam, 15 Oktober 2024, di Rumah Sakit Umum (RSU) Kabupaten Tangerang pukul 22.34 WIB.

WISATA
Pedagang Pasar Lama Tangerang Ditarik Biaya Rp15 Ribu Per Hari, PT TNG Jelaskan Alasannya

Pedagang Pasar Lama Tangerang Ditarik Biaya Rp15 Ribu Per Hari, PT TNG Jelaskan Alasannya

Selasa, 15 Oktober 2024 | 10:09

PT Tangerang Nusantara Global (TNG) melakukan penyesuaian biaya kontribusi harian yang dikenakan kepada para pedagang di Pasar Lama Tangerang.

BISNIS
barenbliss Hadirkan Produk Cushion Terbaru, Diskon 30% di Benny Mart Tangerang

barenbliss Hadirkan Produk Cushion Terbaru, Diskon 30% di Benny Mart Tangerang

Senin, 14 Oktober 2024 | 18:26

Brand K-beauty barenbliss (BNB) meluncurkan produk terbarunya, Bloomatte Perfect Zoom Cover Cushion.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill