Connect With Us

45 Pengungsi Etnis Rohingya Tertangkap di Perairan Tangerang

| Jumat, 22 Maret 2013 | 18:35

TANGERANG-Sebanyak 45 pengungsi Rohingya Miyanmar ditangkap petugas TNI Angkatan Laut dan Polsek Mauk karena tidak memiliki dokumen resmi saat berada di perairan Pantai Utara, Kabupaten Tangerang, Jumat (22/3). Mereka berencana menuju ke Australia untuk mencari suaka.

Kapolsek Mauk AKP Suhendar mengatakan, 45 pengungsi Rohingya ini diamankan bersama dua warga negara Afganistan, mereka menumpangi satu kapal saat berada di atas Pulau Laki, perairan Pantai Utara, Kabupaten Tangerang.

"Total pengungsi yang diamankan berjumlah 47 orang. Terdiri dari tiga wanita, empat anak kecil dan 40 laki-laki. Mereka tidak dilengkapi dokumen resmi saat masuk ke Indonesia. Tapi mereka punya surat dari UNHRC, organisasi PBB yang mengurusi pengungsi di seluruh dunia," katanya.

Mencari Senyum Rohingya di Tengah Panas Kuala Langsa

Menghalau Kelamnya Masa Depan Rohingya

Namun pihaknya belum memastikan apakah ke 45 pengungsi itu merupakan etnis muslim Rohingya atau bukan karena kendala bahasa. "Mereka menggunakan bahasa Myanmar dan Afganistan. Kita kesulitan memintai keterangan," ujar Suhendar.

Suhendar mengakui bahwa wilayah perairan Utara Tangerang dan Kepulauan Seribu kerap menjadi titik pemberangkatan Imigran gelap yang hendak mencari suaka ke Pulau Chrismast, Australia.

"Seluruh pengungsi ini akan diserahkan ke Kabtor Imigrasi Tangerang untuk pendataan lebih lanjut ," ujarnya.

Sementara menurut keterangan salah satu pengusngi Rohingya, M Zunaidi, dirinya terpaksa kabur dari Myanmar karena muslim Rohingya tidak diterima oleh etnis mayoritas Myanmar yang beragama Budha.(RAZ)

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

WISATA
Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Libur Lebaran 2024, 6 Rekomendasi Wisata Belanja di Kota Tangerang

Jumat, 12 April 2024 | 06:54

Selama libur Lebaran 2024, Kota Tangerang memiliki berbagai tempat yang masih dapat dikunjungi.

OPINI
Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Gurita Korupsi, Praktik Culas Pertambangan “Si Emas Putih”

Senin, 15 April 2024 | 12:24

Jagat dunia maya tengah dihebohkan oleh kasus korupsi super besar yang terjadi baru-baru ini, yakni korupsi yang melibatkan suami dari aktris Sandra Dewi, Harvey Moeis, serta Helena Lim sosok yang terkenal sebagai crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK).

SPORT
Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persik vs Persita, Misi Jauhi Zona Degradasi Berlanjut 

Jumat, 19 April 2024 | 12:41

Pekan ke-32 BRI Liga 1 musim 2023/2024 mempertemukan antara Persik Kediri melawan Persita Tangerang di Stadion Brawijaya, Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu, 20 April 2024, sekira pukul 15.00 WIB.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill