Connect With Us

Damkar Kota Tangerang Siaga Tangani Banjir

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 4 November 2013 | 17:35

Petugas Pemadam Kebakaran tengah berusaha memadamkan api. (tangerangnews / rangga)

TANGERANG-Memasuki musim hujan, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tangerang menyiapkan langkah antisipasi terjadinya musibah banjir di sejumlah wilayah.
 
Damkar Kota Tangerang yang bertugas sebagai tim penanggulangan bencana, kini telah menyiagakan garda terdepan dalam menangani terjadinya bencana. Namun selain Damkar adapula sejumlah instansi dan lembaga yang tergabung dalam tim penanggulangan bencana.
 
"Kita berkoordinasi dengan berbagai pihak. Damkar fokus evakusi dan penyelamatan, Dinas kesehatan untuk penanggulangan penyakit sementara untuk logistik tugas Dinas Sosial. Selain itu kita juga dibantu unsur Tagana, Mapala dan TNI," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Diding Iskandar, Senin (4/11).
 
Menurutnya, sejumlah wilayah yang menjadi langganan banjir diantaranya Kecamatan Priuk, Komplek DDN Karang Tengah, Kecamatan Ciledug dan Kecamatan Karawaci. "Wilayah tersebut menjadi prioritas penanggulangan," kata Diding.
 
Sejumlah sarana dan prasarana yang isiapkan Damkar dalam rangka penanggulangan banjir diantaranya 29 unit perahu berikut pelampung serta 100 personil yang siap disiagakan. "Kita juga mengadkan pelatihan serta sosialisasi kepada masyarakat terkait penanggulangan bencana banjir," kata Diding.
 
Kepala Bidang Rescue pada Damkar Kota Tangerang Endang Maturidi mengatakan, minggu ini pihaknya akan menggelar rapat internal bersama pimpinan, staf, dan komandan pleton bidang rescue untuk membahas persiapan penanggulangan banjir. Di dalamnya dibahas mengenai personil, peralatan, dan monitoring wilayah rawan banjir.
 
"Dengan kegiatan seperti ini, setiap anggota tim dapat menjalin koordinasi lebih baik mengenai tupoksi masing-masing, sehingga pada saatnya nanti semua dapat bergerak dan bekerja optimal," katanya.
 
Endang mengutarakan, dari informasi prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang didapatnya, intensitas curah hujan di Kota Tangerang baru terjadi pada bulan Januari 2014. "Walaupun masih cukup lama, namun perlu persiapan sejak dini," katanya.
 
BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

BANDARA
6 April Puncak Arus Mudik Lebaran di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 188.795 Penumpang

6 April Puncak Arus Mudik Lebaran di Bandara Soetta, Diprediksi Capai 188.795 Penumpang

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:54

Arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang akan berlangsung selama 18 hari tanggal 3-18 April 2024.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill