Connect With Us

TDL Naik, Dinas Khawatir Menambah Pengangguran

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 28 April 2014 | 18:29

PLN (Wahyudi / TangerangNews)

TANGERANG-Sejumlah industri Padat Karya di Kota Tangerang mengaku akan terkena dampak terkait Kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL) mulai bulan Mei 2014.

 "Kenaikan TDL mulai bulan Mei akan berdampak secara langsung terhadap industri padat karya. Adapun industri padat karya yang ada di Kota Tangerang jumlahnya mencapai puluhan dan memiliki ribuan pekerja," kata Kepala Dinas Industri dan Koperasi Kota Tangerang, Muhammad Noor di Tangerang, Senin (28/4).
 
Ia menjelaskan, kenaikan TDL akan sangat dirasakan oleh pelaku industri. Sebab, selama ini banyak pengusaha industri yang mengeluhkan kenaikan UMK dan TDL setiap tahunnya.
 
"Dampak yang akan terjadi dari kenaikan TDL yakni jumlah produksi alami penurunan dan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) oleh industri padat karya," katanya.
 
Untuk dampak PHK, Mohammad Noor menuturkan, hal itu juga akan menjadi masalah bagi Pemerintah Kota Tangerang. Sebab, PHK yang dilakukan pengusaha akan menambah jumlah pengangguran yang kini sedang dicarikan solusinya oleh Pemkot Tangerang.
 
"Pemkot Tangerang sedang menyiapkan berbagai langkah mengatasi pengangguran seperti membuat Balai Latihan Kerja (BLK)," katanya.
 
Selain itu, dampak yang dirasakan Pemkot Tangerang yakni mengenai pajak dari perusahaan tersebut karena bisa tutup. "Ada juga dampak pajak yang diterima pemkot terkait pengganguran itu," ujarnya.
 
Untuk diketahui, Kementerian ESDM telah menerbitkan aturan tentang kenaikan tarif listrik untuk industri golongan I3 (Go public) dengan daya di atas 300 Kva sebesar 38,9 persen serta industri besar golongan I4  dengan daya 30 ribu Kva ke atas sebesar 64,7 persen mulai 1 Mei 2014.
 
Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM nomor 9 tahun 2014 tentang Tarif Tenaga Listrik yang Disediakan oleh PT PLN (Persero). Kenaikan tarif listrik tersebut dilakukan secara bertahap setiap dua bulan sekali hingga Desember 2014.
 
 
SPORT
Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Cetak Gol Penyelamat di Laga Persita vs Persib, Fahreza Sudin Akui Bangga

Selasa, 16 April 2024 | 12:26

Gol penyelamat di menit-menit akhir oleh Fahreza Sudin sukses mengantarkan Persita untuk menahan imbang Persib dengan skor 3-3 di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Senin, 15 April 2024, sore.

TEKNO
Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Terbaru, Cara Ubah Foto Jadi Stiker Tanpa Aplikasi Tambahan

Jumat, 12 April 2024 | 14:02

Aplikasi perpesanan WhatsApp kembali mengeluarkan fitur terbaru, Jumat, 12 April 2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

KOTA TANGERANG
Daftar Harga Sembako Pangan Pasca Lebaran 2024 di Kota Tangerang

Daftar Harga Sembako Pangan Pasca Lebaran 2024 di Kota Tangerang

Kamis, 18 April 2024 | 09:41

Sejumlah harga sembako di pasar-pasar tradisional Kota Tangerang mengalami penyesuaian usai Lebaran 2024 atau Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill