Connect With Us

Sambut Idul Fitri, Sachrudin Buka Festival Pukul Bedug

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 29 Juli 2014 | 12:01

| Dibaca : 1612

Sambut Idul Fitri, Sachrudin Buka Festival Pukul Bedug (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

TANGERANG-Tradisi pukul bedug merupakan salah satu budaya umat Islam yang harus terus dijaga dan  dilestarikan  keberadaanya, walaupun tradisi  pukul bedug hanya dilakukan saat malam takbiran Idul Fitri dan Idul Adha namun tradisi ini sudah melekat dan menjadi bagian dari budaya masyarakat.

Demikian diungkapkan Wakil Walikota Tangerang H.Sachrudin saat Membuka Festival Bedug bertempat di Masjid Raya Al Adzom, Jl.Satria Sudirman Kota Tangerang, Minggu (27/07) malam.

Menurutnya Festival Bedug ini sangat tepat dilaksanakan, hal tersebut sebagai upaya mencegah kaum muda agar tidak turun mengarak bedug ke jalan dengan menggunakan. kendaraan mobil ataupun motor sehingga dapat mengganggu lalulintas."Festival bedug ini patut kita pertahankan,"ujarnya.

Wakil Walikota juga mengatakan bahwa Festival Bedug ini sebagai ajang dalam menunjukan kebolehan dan kemahirannya dalam memukul bedug dengan berbagai irama. Oleh karenanya, Wakil Walikota juga meminta kaum muda untuk terus mengembangkan budaya ini dengan mengajak kaum muda lainnya untuk mengekspresikan kemampuannya dalam memukul bedug.

Wakil Walikota juga memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini karena sangat bermanfaat dalam mengarahkan kaum muda pada kegiatan yang positif. Dan tidak hanya itu, kaum mudapun dapat saling bersilaturrahmi dan mewujudkan kebersamaan dalam memberikan warna bagi kemajuan kota Tangerang.

Sementara itu ketua panitia Madsani mengatakan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan sejak tahun 2002 dimana tujuannya untuk memberikan wadah bagi kaum muda untuk unjuk kebolehannya dalam memukul bedug. Festival Bedug ini  diikuti oleh 23 kelompok penabuh bedug yang berasal dari kabupaten Tangerang 11 kelompok, 10 kelompok dari Kota Tangerang serta 2 kelompok dari Jakarta.
 
TOKOH
Sepak Terjang Jawara Wanita dari Tangerang yang Kini Jadi Nama Jalan

Sepak Terjang Jawara Wanita dari Tangerang yang Kini Jadi Nama Jalan

Kamis, 5 Januari 2023 | 13:58

TANGERANGNEWS.com-Warga Tangerang mungkin sudah tidak asing dengan Gedung Nyi Mas Melati maupun Jalan Nyi Mas Melati yang berada di Kelurahan Sukarasa, Kota Tangerang.

KOTA TANGERANG
 Wali Kota Tangerang Usulkan Anggaran BTT Bisa Buat Tangani Kemiskinan Ekstrem

Wali Kota Tangerang Usulkan Anggaran BTT Bisa Buat Tangani Kemiskinan Ekstrem

Jumat, 3 Februari 2023 | 18:54

TANGERANGNEWS.com-Wali Kota Tangerang H Arief R Wismansyah memaparkan program-program Pemkot Tangerang, dalam penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem, di hadapan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy

AYO! TANGERANG CERDAS
Hasil Karya Mahasiswi Tangerang jadi Maskot Resmi Pemilu 2024

Hasil Karya Mahasiswi Tangerang jadi Maskot Resmi Pemilu 2024

Sabtu, 26 November 2022 | 17:29

TANGERANGNEWS.com-Stephanie, mahasiswi Universitas Pradita, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, berhasil memenangkan Lomba Maskot Pemilu 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

HIBURAN
Bikin Heboh di Konser 30 Tahun Dewa 19, 'Komandan' Andre Jadi Sorotan Warganet

Bikin Heboh di Konser 30 Tahun Dewa 19, 'Komandan' Andre Jadi Sorotan Warganet

Minggu, 5 Februari 2023 | 13:49

TANGERANGNEWS.com- Dewa 19 menggelar konser memperingati 30 tahun berdirinya grup band rock legendaris ini di Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jakarta Utara pada Sabtu 4 Februari 2023, malam.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill