Connect With Us

Atasi Sampah Sendiri,Wali Kota Tangerang Apresiasi Warga Petir

Denny Bagus Irawan | Minggu, 2 November 2014 | 15:01

Wali Kota Tangerang Apresiasi Warga Petir (Humas Kota Tangerang / TangerangNews)

TANGERANG-Arief R Wismansyah Wali Kota Tangerangmeng-apresiasi warga Kelurahan Petir, Cipondoh, Kota Tangernag yang telah menunjukkan semangat yang luar biasa untuk mengelola sampahnya secara mandiri.

"Salut untuk warga Petir, ternyata kita bisa selesaikan persoalan sampah bersama-sama," ujarnya saat meresmikan Bank Sampah Kelurahan Petir, Kecamatan Cipondoh, Minggu (02/11).

Kelurahan Petir yang selama ini terkenal akan persoalan banjir dan tumpuk-an sampahnya, secara perlahan telah berubah menjadi salah satu kampung bersih di Kota Tangerang. Hal terjadi berkat kekompakan dan komitmen yang kuat dari warga masyarakatnya untuk berubah.

"Semuanya bisa bila kita bersama-sama," terangnya.
 
Komitmen luar biasa untuk menjadikan Kelurahan Petir sebagai kampung bersih juga terlihat dari adanya Gerakan Masyarakat Peduli Lingkungan Bersih dan Hijau (GEMPEL-BEHI).  Sebuah gerakan massal yang diinisiasi oleh warga sendiri untuk mengelola sampah di Kelurahan Petir.

Hasilnya, meskipun gerakan tersebut masih berumur jagung namun sudah mampu menarik simpati masyarakat untuk bersama-sama mengurangi sampah mulai dari rumah tangga masing-masing.

"Bila tiga bulan lalu banyak media yang mengekspose tumpukan sampah di Petir saat ini bisa kita lihat hampir tidak ada sampah di sini," jelasnya.

Wali Kota juga mengharapkan penerapan Zero Waste
System di Kelurahan Petir bisa memotivasi warga Kota Tangerang lainnya untuk secara mandiri bisa mengelola sampahnya.
Diantaranya melalui penerapan program Bank Sampah, yang bertujuan mengubah paradigma sampah dari cost center menjadi profit center akan
terus diupayakan seiring dengan pemanfaatan teknologi maupun peningkatan kesadaran masyarakat untuk lebih peduli terhadap sampah di sekitar mereka.

"Sampah memang sumber masalah tapi sampah juga sumber kehidupan," sambungnya.

Acara Peresmian Bank Sampah Kelurahan Petir ini juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Sachrudin mendapat sambutan luar biasa dari warga masyarakat di sekitar kelurahan tersebut. Terlihat dari ribuan masyarakat yang berjubel memadati jalan berebut salaman dengan Wali Kota.

Rangkaian acara tersebut ditutup dengan lomba mancing di sepanjang Kali Irigasi Kelurahan Petir.  Panitia menyiapkan 1 ton ikan lele bagi ratusa pemancing yang sudah menempati lapaknya sejak pagi. Dan bagi pemancing  yang beruntung mendapatkan ikan yang sudah ditandai dengan pita, panitia akan memberikan hadiah 50 Kg beras beserta uang Rp 500 ribu.
 
AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

TEKNO
Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Catat, 6 Pekerjaan Ini Tidak Akan Digantikan AI

Rabu, 24 April 2024 | 11:25

Perkembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) semakin pesat, sehingga banyak orang khawatir akan hilangnya pekerjaan karena kemampuan AI untuk menangani tugas-tugas tertentu.

SPORT
Jadi Perwakilan PLN, Jakarta Electric Optimistis Capai Papan Atas PLN Mobile Proliga 2024

Jadi Perwakilan PLN, Jakarta Electric Optimistis Capai Papan Atas PLN Mobile Proliga 2024

Rabu, 24 April 2024 | 18:53

PT PLN (Persero) secara resmi meluncurkan tim voli putri Jakarta Electric PLN untuk mengarungi kompetisi PLN Mobile Proliga 2024 di Kantor Pusat PLN, Jakarta, 23 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill