Connect With Us

Jadi penyebab banjir, Kali Sabi bakal diturab Rp100 Miliar

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 3 Desember 2014 | 17:47

Arief saat melakukan monitoring ke Kali Sabi, Periuk, Kota Tangerang, Rabu (03/12/2014) (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

TANGERANG-Kali Sabi yang menjadi salah satu penyebab banjir di sejumlah wilayah Kota Tangerang akan diturab pada awal tahun 2015. Penuraban kali sepanjang 850 meter ini menelan dana Rp 100 miliar dari APBN.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, penuraban tersebut dilakukan oleh pemerintah pusat untuk mengendalikan banjir di wilayah Pondok Arum, Periuk Jaya, Benua dan Taman Cibodas, yang kerap terjadi saat musim hujan.

"Pemerintah pusat yang bangun turabnya," katanya saat melakukan monitoring ke Kali Sabi, Kecamatan Priuk, Kota Tangerang, Rabu (03/12).

Selain itu, Pemerintah Kota Tangerang juga menanggarkan dana pendampingan sebesar Rp 25 miliar untuk program pengendalian banjir di Kali Sabi dan sekitarnya.
Dana tersebut akan digunakan untuk membangun tunnel yang melintasi Kali Sabi dan Kali Cisadane bagian barat.

"Kita juga akan bangun kolam retensi seluas 6,75 hektare, tapi masih kita kaji, karena lokasinya di lahan milik PT Jamsostek," jelas Arief.

Arief optimis, dengan adanya upaya pembangunan infrastruktur ini bisa mengatasi banjir 100 persen dalam kurun waktu 3-4 tahun.
Apalagi pihak Pemerintah Kabupaten Tangerang juga membantu memuat sodetan Kali Sabi dari sekitar Lippo hingga ke Danau Kelapa Dua.

"Dengan begitu air dari Kabupaten Tangerang tidak masuk ke Kota Tangerang. Itu sudah banyak mengurangi debit air yang melintas di Kali Sabi," ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tangerang Nana Trisyana mengatakan, untuk pembangunan turab Kali Sabi, perlu dilakukan pembebasan lahan terlebih dahulu. Pihaknya tengah menghitung bidang tanah yang terkena proyek tersebut. "Masih didata, tapi kebanyakan yang ada tanah milik pabrik," jelasnya.
MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

AYO! TANGERANG CERDAS
Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Pra-PPDB SMP Kota Tangerang 2024/2025 Dibuka, Ini Alur dan Syarat Pendaftarannya 

Rabu, 17 April 2024 | 09:55

Dinas Pendidikan Kota Tangerang kembali membuka Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (Pra-PPDB) untuk tahun ajaran 2024/2025.

BANTEN
Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Telkomsel Pastikan Jaringan Kuat di Jalur Penyeberangan Merak-Bakauheni Selama Mudik Lebaran

Jumat, 19 April 2024 | 01:17

Sebagai perusahaan telekomunikasi berbasis digital yang terdepan, Telkomsel berkomitmen untuk memberikan solusi konektivitas jaringan dengan kecepatan tinggi di sepanjang jalur laut pelabuhan Merak - Bakauheni.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill