Connect With Us

BPBD Catat Ada 12 Titik Banjir di Kota Tangerang

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 10 Februari 2015 | 11:24

Depan Ciledug Indah I (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)


TANGERANG-Hujan yang mengguyur Kota Tangerang sejak kemarin menyebabkan bajir semakin meluas ke sejumlah wilayah. Berdasakan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, ada 12 titik yang terendam banjir.

Ke 12 titik tersebut diantaranya Perumahan Total Persada, Purati, Periuk Damai, Periuk Jaya, Pondok Arum, Candulan, Pinang Griya, Ciledug Indah 1 dan 2, Komplek DDN, Wisma Tajur, Puri Kartika serta Taman Elang.

"Ketinggian bervariasi, paling tinggi di Total Persada yang mencapai 3 meter, di Candulan 2 meter dan Ciledug Indah 1 dan 2 sekitar 1,5 meter, lalu di Perumahan Purati ketinggian air mencapai 1 meter," kata Sekretaris BPBD Kota Tangerang Rahmat Hendra, Selasa (10/2).

Rahmat menambahkan banjir di wilayah Barat disebabkan oleh meluapnya Kali Sabi sedangkan banjir di wilayah Timur disebabkan Kali Angke. "Ini karena curah hujannya tinggi dan air kiriman dari Bogor yang berat, sehingga banjir meluas," jelasnya.

Pihaknya sendiri sudah melakukan upaya evakuasi dengan menerjunkan 12 perahu almunium dan 17 perahu karet yang disebar ke 12 titik tersebut. "Perahu disebar sesuai kebutuhan. Memang ada warga yang tidak sabar minta tambahan perahu, tapi wilayah lain kan juga butuh. Kita berupaya semaksimal mungkin," katanya.

Kepala BPBD Kota Tangerang Irman Pujahendra menjelaskan, telah disiagakan pula sebanyak 300 personel yang tersebar di seluruh wilayah. Jumlah tersebut ditambah dengan petugas dari Tagana sebanyak lebih dari 100 orang dan relawan lainnya.
"Kita juga berkoordinasi dengan TNI dan Polisi untuk evakusi dan pengamanan," jelasnya.

Salah satu warga, Dwi Lestari mengatakan, banjir juga merendam Jalan KH Hasyim Asari di depan Perumahan Ciledug Indah I. Akibatnya, askes jalan dari Ciledug menuju Cikokol dan sebaliknya terputus. "Motor sudah tidak bisa melewati genangan air yang setinggi lutut. Harus dinaikin ke gerobak," katanya.
 
WISATA
Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Bulan Ramadan Ada Unjuk Rasa Umami Eats di Tangcity Mal

Jumat, 29 Maret 2024 | 05:32

Memasuki bulan Ramadan banyak kegiatan-kegiatan digelar, salah satunya ialah Unjuk Rasa.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

PROPERTI
Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Sambut Lebaran 2024

Senin, 25 Maret 2024 | 20:03

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, momen hari raya menjadi kesempatan yang baik untuk berkumpul bersama kerabat dan sahabat.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill