Connect With Us

Dorong Daya Saing Industri di Kota Tangerang, Disperindagkop Sosialisasi SNI

Rangga Agung Zuliansyah, Advertorial | Kamis, 28 Mei 2015 | 17:17

Pemberlakuan Standar Nasional Indonesia (SNI) merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk melindungi Produk Dalam Negeri dalam rangka menghadapi perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagko (Istimewa / TangerangNews)



TANGERANG-Pemberlakuan Standar Nasional Indonesia (SNI) merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk melindungi Produk Dalam Negeri dalam rangka menghadapi perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Tangerang mengambil peran dengan mengadakan sosialisasi perluasan penerapan SNI.

 

Kegiatan yang diikuti oleh para pelaku industri kelas menengah dan besar di Kota Tangerang ini dibuka langsung oleh Kepala Disperindagkop Kota Tangerang Sayuti. Selain itu hadir sebagai narasumber, diantaranya dari pihak Kementerian Perindustrian, Balai Sertifikasi Industri (BSI) dan Dinas Perindustrian dan Pedagangan Banten.

 

Sayuti mengatakan, penerapan pemberlakuan SNI ini perlu untuk melindungi konsumen dari produk-produk yang mengandung bahan berbahaya yang membahayakan kesehatan dan keselamatan manusia, sesuai amanat UU no 3/2014 Tentang Perindustrian dan PP no 102/2000 Tentang Standarisasi Nasional.

 

“Selain itu demi persaingan usaha yang sehat, peningkatan daya  saing dan peningkatan efesiensi serta kinerja industri, mengingat Indonesia akan mengadapi MEA yang akan berlaku pada Desember 2015. SNI sangat dibutuhkan untuk meningkatkan daya saing produk dalam negeri,” jelasnya, Kamis (28/5).

 

Menurut Sayuti, Kota Tangerang mempunyai potensi yang tinggi dari sektor perdagangan dan jasa. Namun masih banyak produk dari perusahaan tersebut yang belum ber-SNI. Kendalanya diantaranya adalah biaya sertifikasi yang mahal dan ketidak tahuan terhadap regulasi yang berlaku.

 

“Biaya sertifikasi memang relatif mahal, sekitar Rp30 juta. Selain itu proses pengurusannya juga terlalu lama. Sehingga peserta berharap ada bentuk kepedulian berupa bantuan Pemerintah untuk memfasilitasi kemudahan dalam rangka pendaftaran SNI. Hal ini tentunya akan jadi evaluasi kami,” katanya.

 

Kabid Perindustrian Disperindagkop Kota Tangerang Fardiani mengatakan, sosialisasi ini dilakukan untuk dua angkatan dengan jumlah peserta 100 orang. “Angkatan pertama sebanyak 50 orang sudah mengikutinya pada bulan Mei. Angkatan kedua rencananya akan mengikuti kegiatan pada Oktober 2015,” jelasnya.

 

Dia menjelaskan, Industri di Kota Tangerang ada 18 komoditi diantaranya perbengkelan, kendaraan bermotor, furnitur, jasa, logam, konveksi, makanan dan minuman. “Paling banyak konveksi dan makanan minuman. Kualitasnya sudah bagus, namun memang belum semua SNI, lagi mengarah kesana. Karena itu kita terus lakukan sosialisasi untuk memberi mereka pemahaman,” jelasnya.(ADV)

NASIONAL
Langsung Berlaku, Jabatan Kepala Desa 8 Tahun Usai UU Desa Resmi Disahkan

Langsung Berlaku, Jabatan Kepala Desa 8 Tahun Usai UU Desa Resmi Disahkan

Jumat, 29 Maret 2024 | 14:34

DPR RI resmi mengesahkan revisi UU Desa dalam rapat paripurna di gedung Nusantara II kompleks MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 2024.

SPORT
Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Tangerang Lawan Tangerang, Prediksi Skor dan Susunan Pemain Persita vs Dewa United 

Selasa, 26 Maret 2024 | 14:31

Pekan ke-30 BRI Liga 1 musim 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara dua tim yang sama-sama bermarkas di Tangerang, yakni Persita melawan Dewa United.

KOTA TANGERANG
Meski Terlambat, Pj Wali Kota Tangerang Klaim Sudah Cairkan THR Pegawai

Meski Terlambat, Pj Wali Kota Tangerang Klaim Sudah Cairkan THR Pegawai

Jumat, 29 Maret 2024 | 19:02

Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang Nurdin mengklaim telah mencairkan membelanjakan uang Tunjangan Hari Raya (THR) dan Tunjangan Prestasi Kerja (TPK) untuk pegawai Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill