Connect With Us

PDAM Tangerang Rugi Rp400 Juta Akibat Pintu Air 10 Jebol

Rangga Agung Zuliansyah | Kamis, 30 Juli 2015 | 18:27

| Dibaca : 5857

Dirut PDAM Tirta Benteng, Kota Tangerang Suyanto (Tengah) (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

 

TANGERANG-Jebolnya Bendungan Pintu Air 10 menyebabkan PDAM tidak bisa memproduksi air bersih dari Sungai Cisadane selama dua hari kemarin. Akibatnya, PDAM mengalam kerugian sekita Rp400 juta.

 

Hal itu dikatakan Direktur PDAM Tirta Benteng (TB) Kota Tangerang Suyanto saat meninjau Pintu Air 10, Kamis (30/7). Menurutnya, setiap hari PDAM memproduksi 32.000 meter kubik air untuk disalurkan kepada 27.000 pelanggan. Akibat jebolnya pintu air 10 sejak Selasa (28/7), PDAM tidak kehilangan 64.000 meter kubik air.

 

"Karena jebolnya pintu air mengurangi debit air Cisadane, sehingga air tidak masuk intake PDAM untuk diproduksi. Jadi dua hari itu kosong. Kita rugi Rp400 juta. Tapi bukan masalah kerugin materinya, melainkan pelayanan kepada masyarakat, apalagi saat ini musim kemarau," tukasnya.

 

Tidak hanya distribusi air ke rumah warga yang terganggu, tapi juga ke Bandara Internasional Soekarno Hatta. Di sana, membutuhkan 8640 meter kubik per harinya. "Distribsi ke bandara tetap, tapi agak berkurang. Ini bisa menjadi masalah Internasional," jelas Suyanto.

 

Sejak kemarin, pihaknya telah berupaya menyedot air baku dari Sungai Cisadane menggunakan bantuan pompa dari kementrian sebanyak tiga unit dan dari Dinas SDA sebanyak dua unit sekarang PDAM, sehingga sudah kembali berproduksi 370 liter per detik. Sehingga saat ini distribusi air kembali normal.

 

"Sudah normal, tapi ada bebrapa wilayah yang jauh yang masih tidak bisa disuply seperti Benda dan Cipondoh. Akhirnya kita suply dengan tiga mobil tanki PDAM dan tiga mobil tangki sewaan dari swasta," ujar Suyanto.

 

TOKOH
Menko Airlangga Dukung Smart Farming Petani Milienal untuk Peningkatan Produktivitas

Menko Airlangga Dukung Smart Farming Petani Milienal untuk Peningkatan Produktivitas

Jumat, 24 September 2021 | 15:10

TANGERANGNEWS.com-KLATEN-Permasalahan pada sektor pangan selalu menjadi perhatian di setiap negara. Pemerintah selalu berupaya memenuhi kebutuhan pangan rakyat dan menjaga ketahanan pangan diantaranya melalui pemberdayaan petani,

SPORT
Kontingen Banten Berharap Raih Medali Pertama PON XX Papua Hari Ini 

Kontingen Banten Berharap Raih Medali Pertama PON XX Papua Hari Ini 

Senin, 27 September 2021 | 12:37

TANGERANGNEWS.com- Pada Senin ini, 27 September 2021, ada dua cabang olahraga yang diikuti kontingen Banten yang menggelar partai final, yaitu sepatu roda dan terbang layang di ajang PON XX Papua

NASIONAL
KPK: Aset Wawan yang Disita Jangan Dikuasai Pihak Lain

KPK: Aset Wawan yang Disita Jangan Dikuasai Pihak Lain

Senin, 27 September 2021 | 15:15

TANGERANGNEWS.com- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta pihak lain tidak menguasai aset milik Tubagus Chaeri Wardana (TCW) alias Wawan yang telah disita oleh lembaga antirasuah tersebut.

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin