Connect With Us

Masyarakat Bangga, 60 Jenis Perizinan di Kota Tangerang Dibuat Online

Advertorial | Sabtu, 12 November 2016 | 22:40

Kota Tangerang menerapkan perizinan online. (Rangga A Zuliansyah / Tangerangnews)


TANGERANGNews.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melakukan uji coba pelayanan perizinan online di ruang Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP), Selasa (4/8). Pelayanan perizinan online tersebut bisa diakses dari manapun melalui web maupun smartphone asal tersedia layanan internet.

Kemudahan dalam memberikan kemudahan dalam pelayanan memang menjadi perhatian utama bagi Pemkot Tangerang.

"Untuk sementara kita masih melayani izin pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Kedepan akan dikembangkan agar bisa melayani 60 jenis perizinan, dimana saat ini kita baru melayani 45 jenis perizinan secara manual," ujar Wali Kota Arief R Wismansyah saat meluncurkan pelayanan tersebut.

Dijelaskan Wali Kota Tangerang, pelayanan perizinan online tersebut merupakan salah satu usaha Pemkot Tangerang untuk mewujudkan Kota Tangerang sebagai Smart City, sekaligus mempermudah dan mempercepat pelayanan, serta menghindari berbagai prakter pungutan liar  perizinan di Kota Tangerang. Hal ini melihat dari banyaknya permohonan perizinan setiap harinya.

"Permohonan SIUP dan TDP per tahun mencapai 10.000. Makanya kita uji coba dulu sekaligus sosialisasi kepada masyarakat," imbuh Arief.

Arief juga menjelaskan bahwa pelayanan perizinan online tersebut akan dilakukan secara bertahap, artinya masyarakat juga masih bisa melakukan pengajuan pelayanan perizinan secara manual. Pelayanan perzinan online  tersebut, kata Arief, sudah terintegrasi dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Sehingga perizinan online itu  juga sekaligus sebagai wujud implementasi tertib administrasi kependudukan.

"Jadi daftarnya cukup dengan NIK, siapapun bisa langsung mengajukan izin online," jelasnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Muhtarom mengatakan, pelayana perijinan online tersebut merupakan bukti komitmen pemkot dalam memangkas birokrasi perijinan.

"Kita sudah membangun 116 aplikasi, dan tahun ini kita akan uji coba 6 aplikasi, aplikasi perizinan online, e-office, e-budgetting, Sistem Informasi Administrasi Pemerintahan (SIAP) dan e-Pendidikan," jelasnya.

Sementara itu, Dudin salah satu pemohon perizinan mengaku sangat terbantu dengan adanya aplikasi tersebut. "Bagus, aplikasi tersebut sangat memudahkan kita (pengusaha), karena ini bisa diakses dimanapun karena kadang kita terbentur dengan waktu, sehingga kita bisa lakulan dari rumah, syukur-syukur bisa di smartphone," paparnya.

Sedangkan Kepala BPMPTSP Karsidi mengatakan, dengan pengembangan teknologi segala birokrasi menjadi singkat. Dengan demikian hal itu juga dapat menghindari adanya tudingan pihaknya melakukan pemungutan liar. "Teknologi menimbulkan kepastian harga dan pelayanan kami," ujar Karsidi.(ADV)

BISNIS
Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Bank bjb Siapkan Uang Tunai Rp12,5 Triliun Sambut Lebaran 2024, Sediakan Layanan Penukaran Terpadu

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:44

Bank bjb memperkirakan secara musiman kebutuhan likuiditas masyarakat, terutama uang tunai meningkat pada bulan Ramadan apalagi menjelang Idul Fitri 1445 H/2024.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

KOTA TANGERANG
Polsek Karawaci Beri Santunan dan Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu

Polsek Karawaci Beri Santunan dan Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu

Kamis, 28 Maret 2024 | 12:47

Polsek Karawaci, Polres Metro Tangerang Kota, menggelar acara buka puasa bersama dan santunan anak yatim-piatu, dalam upaya mempererat hubungan antara Kepolisian dengan masyarakat setempat.

WISATA
 Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Hotel Sahid Serpong Angkat Kuliner Khas Kampung Cilenggang Tangsel Sebagai Menu Bukber

Sabtu, 16 Maret 2024 | 12:33

Ada yang unik pada menu buka puasa bersama (bukber) Ramadan, di Hotel Sahid Serpong. Sekitar 40 varian makanan bertema "Kampung Cilenggang" tersedia di sini.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill