Connect With Us

Pintu Air 10 Tangerang Selesai Diperbaiki

Denny Bagus Irawan | Rabu, 19 Agustus 2015 | 15:56

| Dibaca : 3607

Ahmed Zaki Iskandar, Bupati Tangerang saat melihat langsung kondisi perkembangan perbaikan pintu air 10. (Dira Derby / Tangerangnews)


TANGERANG- Pintu Air 10 di wilayah Kota Tangerang yang rusak akhirnya selesai diperbaiki  oleh Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum. Namun, meski telah selesai kondisi air di Sungai Cisadane masih terpantau belum ada kenaikan.

 

Kepala Balai Sumber Daya Air Ciliwung Cisadane Teuku Iskandar mengatakan, sebenarnya perbaikan Pintu Air 10 di Tangerang sudah selesai sejak 17 Agustus 2015 lalu.  Sekitar pukul 8.30 WIB saat itu Pintu Air 10 sudah dioperasikan.

 

"Dan sebenarnya bukan pintu airnya yang bermasalah, tetapi stop blocknya (pengaturan untuk menahan air) yang bermasalah," ujarnya ketika dihubungi Rabu (19/8). Meski begitu, dirinya mengakui  Pintu Air 10 yang dibangun sejak 1927  atau sudah beroperasi 98 tahun lalu sudah lemah kondisinya.

 

"Dari kondisi umur harus ditinjau,  harus melakukan kajian mekanikal dan elektrikal. Banyak korosi, " tuturnya.
Saat ditanya soal kondisi air di Sungai Cisadane yang masih kering, Teuku mengatakan, fungsi bendungan bukan untuk menambah debit dari hulu. Bentungan berfungsi untuk meninggikan elevasi kali yang ada di bagian Sungai Cisadane. "Air Cisadane kering karena memang sedang kemarau," terangnya.

 

Dengan terpasangnya kembali pintu nomor lima dan enam yang selesai diperbaiki, Pintu Air 10 kembali bisa menahan air dari aliran Sungai Cisadane dengan tingkat elevasi 10,4 meter.

Sebelumnya Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, dirinya mengancam akan mengambil alih perbaikan jika hari ini tak selesai pengerjaan pintu air yang rusak. "Kita lihat saja besok, kalau tidak selesai juga, kita siap menangani," tuturnya. 

 

MANCANEGARA
Menjijikkan, Sepasang Penumpang Nekat Berbuat Mesum di Pesawat Jadi Tontonan

Menjijikkan, Sepasang Penumpang Nekat Berbuat Mesum di Pesawat Jadi Tontonan

Senin, 20 September 2021 | 22:57

TANGERANGNEWS.com- Perbuatan yang sangat tidak pantas dilakukan oleh sepasang penumpang pesawat maskapai Ryanair di dalam pesawat. Aksi yang sangat tidak senonoh yang dilakukan di tempat duduk kabin pesawa

OPINI
Mahalnya Transaksi Pesta Demokrasi

Mahalnya Transaksi Pesta Demokrasi

Minggu, 26 September 2021 | 17:12

TANGERANGNEWS.com-Siapapun yang jujur, pasti akan mengakui bahwa negeri tercinta kita ini sedang mengalami keterpurukan. Dalam segala bidang. Di tengah kesulitan ekonomi dan belum pulihnya negeri dari situasi pandem

BANTEN
Makam Sultan Hasanuddin di Banten Lama Mulai Dipadati Peziarah

Makam Sultan Hasanuddin di Banten Lama Mulai Dipadati Peziarah

Sabtu, 25 September 2021 | 11:22

TANGERANGNEWS.com- Aktivitas wisata religi di kawasan Banten Lama kembali berjalan sejak sebulan lalu dengan pengawasan ketat dari aparat kepolisian dan organisasi kemasyarakatan

SPORT
Kontingen Banten Berharap Raih Medali Pertama PON XX Papua Hari Ini 

Kontingen Banten Berharap Raih Medali Pertama PON XX Papua Hari Ini 

Senin, 27 September 2021 | 12:37

TANGERANGNEWS.com- Pada Senin ini, 27 September 2021, ada dua cabang olahraga yang diikuti kontingen Banten yang menggelar partai final, yaitu sepatu roda dan terbang layang di ajang PON XX Papua

"Membuat Janji dan Menepatinya adalah cara terbaik membangun merek"

Seth Godin