Connect With Us

Ganti Rugi Lahan Kereta Bandara Soekarno-Hatta Cair

Denny Bagus Irawan | Jumat, 4 September 2015 | 14:52

Yuyun Maryunah warga yang hari itu juga langsung mendapat mendapat transfer dari PT KAI sebanyak Rp2,4 miliar dari luas tanah 297 meter. Nilai sebesar itu tak hanya diberikan atas hak tanahnya, tetapi bangunan diatas lahan milik Yuyun juga dihitung tim a (Dira Derby / Tangerangnews)

 

TANGERANG-Pembayaran ganti rugi pembebasan lahan yang akan digunakan sebagai jalur rel Kereta Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk wilayah di Kota Tangerang pada tahap pertama sebesar Rp14, 7 miliar dari total Rp1,3 triliun telah cair. Warga mendapat setiap per meternya rata-rata diatas harga NJOP.

Dana pencairan tersebut digulirkan di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Tangerang pada Jumat (4/9) dengan cara ditransfer ke rekening bank.  Proyek Kereta Bandara direncanakan sejak 2009 dengan keseluruhan panjang 32 kilometer. Beberapa rel menggunakan trek lama dari Manggarai  hingga Bandara Soekarno-Hatta dengan tambahan trek baru 12 kilometer.  

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Himsar menyatakan,  sampai dengan saat ini telah masuk pada tahap pelaksanaan pengumpulan data yuridis yang akan diserahkan kepada tim appraisal indepen.

 Adapun tahapannya, mengikuti  Undang-undang No.2  tahun 2012 tentang pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum  sesuai tahap pertama  adalah domain PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan melakukan perencanaan.#Bandara Soekarno-Hatta

Kemudian, domain selanjutnya yakni persiapan telah dilakukan pihak Provinsi Banten. Selanjutnya adalah domain BPN sebagai penyedia tanah.

 “Saya sebagai ketua pelaksananya. Kita serahkan Rp14,7 miliar dari total keseluruhan Rp1,3 triliun,”terang Himsar.

Dia menjelaskan, luas tanah secara keseluruhan yang akan dibebaskan untuk proyek itu seluas  36 hektare yang mencakup lima kecamatan dan delapan kelurahan di Kota Tangerang. 

Dari 36 hektare itu terdapat 815 bidang. Sedangkan tahap pertama yang telah cair sebanyak 18 bidang yang terdapat di delapan di kelurahan Tanah Tinggi dan 10 di kelurahan Poris Plawad dari 18 warga.

”Dari jumlah bidang sebanyak 815, 322 bidang sudah masuk, sehingga sudah bisa dikatakan  progresnya telah 40%,” terangnya.

Saat ditanya nilai nominal per meter untuk ganti rugi tanah warga tersebut, Himsar mengatakan, penilain tim  appraisal  terbagi menjadi dua komponen. Adapun yang pertama adalah fisik, kemudian non fisik. “Untuk non fisik tidak bisa dibagi rata-ratanya tergantung penggunaan lahan, walau berdekatan berbeda nilai. Tetapi semua diatas rata-rata NJOP,” terangnya.

Soal warga yang masih belum setuju dengan nominal yang ditawarkan, dia mengaku sampai dengan saat ini beberapa diantaranya telah mencabut gugatan.

Dia menyatakan, tidak ada kendala lagi, karena tokoh masyarakat telah ditemui dan sudah tak ada tawar menawar lagi.

“Ini diharapkan dapat menjadi trigger ,” katanya. #Kereta Bandara Tangerang

TEKNO
Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Trafik Data Telkomsel Diprediksi Melonjak 15% saat RAFI 2024, Paling Tinggi Game Online

Kamis, 28 Maret 2024 | 01:09

Telkomsel memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 15,22% dibandingkan hari biasa selama momen Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024.

NASIONAL
Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Waspada Penipuan Berkedok Rekrutmen Bersama BUMN, Ini Imbauan dari PLN 

Kamis, 28 Maret 2024 | 18:26

Kementerian Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) kembali membuka Rekrutmen Bersama BUMN 2024.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill