Connect With Us

23.035 fisik KTP-el di Kota Tangerang akan didistribusikan

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 3 November 2015 | 18:44

Ilustrasi proyek e-KTP (Dira Derby / TangerangNews)

TANGERANG-KTP elektronik (KTP-el) warga Kota Tangerang akhirnya selesai dicetak, setelah sebelumnya tertunda karena kehabisan blangko dan tinta. Pendistribusian fisik KTP-el akan segera dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) ke-13 Kecamatan Kota Tangerang.

 

Sekretaris Disdukcapil Ahsan Anahar mengatakan, jumlah KTP-el yang telah dicetak untuk tahap pertama sebanyak 23.035. KTP-el tersebut akan dibagikan ke masyarat dalam waktu 2-3 hari.

 

"Jumlah KTP-el yang dibagikan ke tiap kecamatan rata-rata 1000 hingga 2000," jelasnya, Selasa (3/11).

 

Menurutnya, KTP-el yang dibagikan ini merupakan hasil perekaman warga yang siap cetak pada Januari 2015. Pihaknya hanya mencetak KTP yang siap cetak. Pencetakan pun dilakukan bertahap karena terbatasnya tinta dan blanko. Karena itu, dia minta masyarakat bersabar.

 

"Data rekaman warga kan di kirim ke pusat, nanti disana diproses lagi, untuk memeriksa apakah data warga lengkap dan punya KTP ganda atau tidak. Yang dicetak ini sesuai antrian sejak Januari, sebanyak 23.035," jelas Ahsan.

 

Kabid Pendaftaran Perkembangan dan Perencanaan Kependudukan Disdukcapil Sri Warsini mengatakan, sebelumnya pencetakan sempat tertunda karena pihaknya kehabisan blanko dan tinta pada bulan Juni 2015.

Sedangkan pengadaan dua perangkat tersebut dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Provinsi Banten sesuai dengan aturanya.

 

"Untuk Blanko sudah kita terima dari Kementerian beberapa minggu lalu, sedangkan tinta baru semalam tiba di sini dari Provinsi. Pencetakan tahap awal ini sebagaian oleh Disdukcapil sebagian dibantu Kementerian, karena keterbatasan tinta," jelas Sri.

 

Menurut Sri, untuk jumlah wajib KTP yang belum melakukan perekaman masih ada 383.000 orang. Pihaknya meminta pihak Kecamatan terus meminta pihak Kecamatan untuk terus meningkatkan rekaman meski fisik KTP-el belum biaa dicetak dalam waktu dekat.

 

"Yang penting rekam, biar datanya sudah masuk database pusat. Nanti tinggal tunggi cetak," jelasnya.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

BISNIS
Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Cetak Laba Tertinggi Sepanjang Sejarah, PLN Diapresiasi Komisi VI DPR RI

Jumat, 5 April 2024 | 06:59

PT PLN (Persero) berhasil mencetak rekor laba tertinggi sepanjang sejarah, yakni Rp 5,99 triliun pada 2020, menjadi Rp 13,17 triliun pada 2021, dan meningkat kembali menjadi Rp 14,41 triliun pada 2022.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

HIBURAN
Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Sedih Kembali Bekerja Usai Libur Panjang, Simak 5 Cara Mengatasi Post Holiday Blues

Rabu, 17 April 2024 | 10:25

Setelah menikmati liburan Lebaran yang menyenangkan, banyak pekerja mengalami apa yang disebut sebagai post holiday blues, yakni perasaan sedih dan kehilangan ketika kembali ke rutinitas kerja.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill