Connect With Us

Kota Tangerang Tidak Mau Tampung Sampah DKI

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 4 November 2015 | 20:37

Tumpuan sampah (http://www.jakarta.go.id / Berto/Gozal)

TANGERANG-Pemerintah Kota Tangerang mengaku tidak bisa menampung sampah DKI Jakarta. Pasalnya Pemkot pun masih kewalahan mengelola sampah Kota Tangerang yang mencapai 1000 ton per hari.

"TPA Rawa Kucing memiliki 35 hektar lahan dan baru terpakai 15 hektar. Itu pun dengan pengelolaan yang ada kita hanya sanggup menampung sampah di wilayah Kota Tangerang. Jadi kita masih fokus mengolah sampah di wilayah kita saja," Ucap Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, Rabu (4/11).

Arief mengaku telah berkomunikasi dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Djaja Purnama atau Ahok. Namun tidak ada pembahasan tentang penawaran DKI untuk membuang sampah ke Kota Tangerang.

"Saya sempat BBM-an dengan Pak Ahok. Kita prihatin, DKI kan ibu kota negara. Tidak ada omongan soal tawaran. Hanya ngobrol saja," Jelasnya.

Dalam obrolan tersebut, Arief mengaku prihatin dengan masalah sampah yang dihadapi DKI lantaran tidak bisa membuang ke Bekasi akibat diprotes warga.

"Saya berikan suport dan masukan soal sistim pengelolaan sampah di Surabaya yang sama dengan Jepang. Kita kan belum punya sistimnya, kita sedang belajar kearah sana. Mudah-mudahan bisa jadi solusi DKI," jelasnya.

Sedangkan terkait mesin pengolah sampah jadi bahan bakar minyak (BBM) yang akan dibangun Kementerian Sumber Daya Alam (SDA) di TPA Rawa Kucing, menurut Arief juga tidak bisa membantu mengurangi sampah DKI. Pasalnya kapasitas sampah yang bisa diolah hanya 6 ton, dan hanya jenis sampah plastik.

"Sedangkan sampah di Kota Tangerang sampai 1000 ton. Buat kita sendiri saja kurang. Ini kan baru pilot project, mungkin kalau berhasil bisa dikembangkan," Jelasnya.

KOTA TANGERANG
Kumuh dan Bikin Macet, Pasar Sipon Kota Tangerang Bakal Segera Ditata

Kumuh dan Bikin Macet, Pasar Sipon Kota Tangerang Bakal Segera Ditata

Jumat, 19 April 2024 | 09:51

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang berencana melakukan penataan terhadap Pasar Sipon, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang.

KAB. TANGERANG
Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Usai Libur Lebaran 2024, Pemohon Kartu Kuning di Kabupaten Tangerang Capai 500 Per Hari

Kamis, 18 April 2024 | 18:12

Pasca libur lebaran 2024, pemohon kartu kuning atau kartu pencari kerja di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang meningkat hingga 500 orang per hari.

MANCANEGARA
Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Sering Dianggap Negara Terjorok, Ini 22 Fakta Unik India

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:33

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia menggeser posisi Tiongkok.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill