Connect With Us

Blangko Menipis, Pemohon KTP di Tangerang Terancam Terlantar

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 1 Juni 2016 | 17:33

Ilustrasi proyek e-KTP (Dira Derby / TangerangNews)

TANGERANGNews.com-Pemohon Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) di Kota Tangerang terancam terlantar pada Bulan Ramadhan nanti. Pasalnya, stock blangko untuk dua administrasi kependudukan tersebut telah menipis. Apalagi, pemerintah pusat saat ini baru melakukan lelang tender dalam pembuatan balngko baru.

"Saya khawatir para pemohon pembuatan KTP ataupun KK di bulan puasa nanti tidak akan terlayani. Karena, saat ini saja stok blangkonya sudah menipis," ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang, Erlan Sutarlan, Rabu (1/6/2016).

Erlan mengatakan, jumlah penduduk kota Tangerang saat ini kurang lebih berjumlah 1,8 juta jiwa dan bagi wajib memiliki KTP sekitar 1,3 jiwa. "Setiap harinya kami melayani ribuan pemohon KTP dan 600 pemohon KK. Sedangkan, blangko yang dijatah oleh pemerintah pusat untuk Kota Tangerang hanya 4 ribu dari permintaan yang diajukan sekitar 50 ribu blangko," tuturnya.

Karenanya, kata Erlan, pihaknya mensiasati dengan menjemput bola  ke pemerintah pusat setiap harinya demi mengambil blangko tersebut agar pembuatan KTP dan KK cepat bisa dilakukan.

"Kita tidak dapat memaksa mengambil sesuai yang kita minta. Karena di kementrian terkaitpun memang stoknya terbatas. Apalagi saat ini pembuatan blangko belum diproduksi kembali dan tengah dalam proses lelang tender," jelas Erlan.

Menurut Erlan, saat ini pihaknya belum melakukan pembatasan pembuatan KTP dan KK, namun apabila Ramadhan nanti blangkonya memang benar-benar habis dengan terpaksa pelayanan di stop.

"Bila tahun sebelumnya kami mensiasati menggunakan blangko sementara. Namun, bila menggunakan hal serupa dapat menimbulkan masalah seperti tahun lalu dengan banyak komplainnya para pemohon," imbuhnya. 

 

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

NASIONAL
Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Prabowo-Gibran Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres Terpilih, Dihadiri AMIN Tanpa Ganjar dan Mahfud

Rabu, 24 April 2024 | 12:17

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat resmi menetapkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029.

BISNIS
Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Kota Tangerang Buka Pintu Jika Apple Investasi di Indonesia 

Rabu, 24 April 2024 | 09:53

Pemerintah pusat tengah menjalankan rencana strategis bersama salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, Apple.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill