Connect With Us

Daftar Sekolah di Kota Tangerang Bisa Lewat Android

Rangga Agung Zuliansyah | Senin, 20 Juni 2016 | 15:51

| Dibaca : 12635

Aplikasi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB). (Rangga A Zuliansyah / TangerangNews)

TANGERANGNews.com-Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) sekolah-sekolah di Kota Tangerang saat ini bisa dilakukan secara online dengan aplikasi yang diakses melalui web maupun smartphone android.

 

Dengan aplikasi yang dikembangkan Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) ini, PPDB berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Personal Identification Number (PIN) ini, dapat membantu siswa mendaftar tanpa perlu repot datang berkali-kali ke sekolah tujuan untuk mengurus segala keperluan pendaftaran.

 

Kepala Seksi Pengembangan e-Government Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Tangerang Adhi Zulkifli mengatakan, untuk dapat mengakses Aplikasi PPBD Online, siswa memerlukan NIK yang tertera pada Kartu Keluarga orang tua mereka.

 

“Sedangkan untuk mendapat PIN, calon siswa datang ke sekolah tujuan pada hari pertama pendaftaran, dengan membawa Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dan Kartu Keluarga (KK) untuk dilakukan verifikasi,” katanya, Senin (20/6/2016).

 

Dengan NIK dan PIN tadi, kata Adhi, siswa dapat mengakses informasi seputar pendaftaran dan memantau status pendaftaran mereka, termasuk mengganti pilihan sekolah pada hari ke-2 dan ke-3 dengan batasan pergantian sebanyak tiga kali saat jam kerja dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB.

 

“Selain itu, calon siswa juga dapat melihat statusnya diterima atau tidak di sekolah yang dituju,” katanya.

 

Namun aplikasi ini hanya berlaku untuk pendaftaran SMP dan SMA Negeri Kota Tangerang. Sedangkan untuk calon siswa yang ingin mendaftar ke SMK tetap harus mengikuti prosedur seperti biasa yakni mendatangi tempat pendaftaran/sekolah yang dituju karena harus mengikuti uji kompetensi.

 

Kepala Dinas Kominfo Kota Tangerang Muhtarom berharap dengan adanya Aplikasi PPDB Online ini dapat memudahkan bagi masyarakat khususnya siswa yang ingin mendaftar sekolah ke jenjang selanjutnya.

 

Aplikasi PPDB Online ini dapat didownload di Google Play Store dengan nama PPDB ONLINE SMP KOTA TANGERANG 2016 / PPDB ONLINE SMA KOTA TANGERANG 2016. Selain dapat diakses melalui Aplikasi PPDB Online. masyarakat dapat mengakses secara mandiri melalui http://ppdbmandiri.tangerangkota.go.id.

 

Berdasarkan Informasi, waktu pendaftaran jenjang SMP dibuka tanggal 13-15 Juli 2016. Sedangkan jenjang SMA dan SMK tanggal 20-22 Juni 2016.

 

Persyaratan pendaftaran jenjang SMP diantaranya memiliki SHUS/SKHUN asli SD/MI/Paket A Program Kesetaraan, berusia setinggi-tingginya 18 tahun pada awal tahun pelajaran baru.

 

Untuk jenjang SMA dan SMK harus memiliki SHUN/SKHUN asli SMP/MTs/Paket B Program Kesetaraan, berusia setinggi-tingginya 21 tahun pada awal tahun pelajaran baru dan wajib melaksanakan tes khusus yang diselenggarakan oleh SMK yang dituju.

 

 

PROPERTI
Keren! Pesawat Aeromodelling Ramaikan Penutupan Porprov VI Banten

Keren! Pesawat Aeromodelling Ramaikan Penutupan Porprov VI Banten

Selasa, 29 November 2022 | 23:34

TANGERANGNEWS.com-Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten, yang dimulai sejak 20 November 2022 di Kota Tangerang telah resmi ditutup.

HIBURAN
Rayakan Malam Tahun Baru Nonton Yura Yunita Sambil Menikmati Kuliner Khas Banten di Hotel Episode Gading Serpong

Rayakan Malam Tahun Baru Nonton Yura Yunita Sambil Menikmati Kuliner Khas Banten di Hotel Episode Gading Serpong

Jumat, 9 Desember 2022 | 14:10

TANGERANGNEWS.com-Merayakan Tahun Baru 2023 bersama keluarga tercinta, Hotel Episode Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, dapat menjadi pilihan yang tepat.

SPORT
Jokowi Buka Kejuaraan Dunia Wushu Junior Ke-8 di ICE BSD Tangerang

Jokowi Buka Kejuaraan Dunia Wushu Junior Ke-8 di ICE BSD Tangerang

Selasa, 6 Desember 2022 | 13:10

TANGERANGNEWS.com-Kejuaraan Dunia Wushu Junior ke-8 2022 resmi dimulai setelah dibuka lansung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, di Hall Nusantara ICE BSD City, Kabupaten Tangerang, Senin 5 Desember 2022.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill