Connect With Us

RS Mutiara Bunda : Vaksin Diduga Palsu Belum Menyebar ke Pasien

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 15 Juli 2016 | 17:00

RS Mutiara Bunda (@TangerangNews.com 2016 / Raden Bagus Irawan)

 

TANGERANGNews.com-Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara Bunda, Jalan H Mencong, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, menjadi salah satu rumah sakit yang membeli vaksin palsu jenis DPT (Difteri, Pertusis dan Tetanus).

 

Penanggung Jawab RSIA Muriara Bunda, Dokter Spesialis Anak Toniman, ketika dikonfirmasi tidak menampik hal tersebut. Namun vaksin itu belum sempat digunakan, lantaran sudah ditarik terlebih dahulu oleh BPOM.

 

“Kita hanya kedapatan vaksin yang diduga palsu, tapi belum dipakai, BPOM sudah datang mengambil vaksin itu untuk diuji. Vaksin itu ada di kita sejak tiga bulan yang lalu,” kata Dokter Spesialis Anak RSIA Mutiara Bunda, Toniman, Jumat (15/7/2016).

 

Menurut Toniman, vaksin tersebut dibeli dari sales langganannya. Pasalnya, stok vaksin DPT yang tidak menyebabkan panas pada anak dari pabrikan sedang kosong sejak awal 2016. Kemudian orang tersebut datang ke rumah sakit menawarkan vaksin pada 23 April lalu.

 

“Kita sering pesan dari dia sejak tahun 2014, tapi biasanya kita pesan vaksin biofarma. Tapi untuk yang DPT dari awal tahun ini kosong, nggak tau mungkin barangnya dari luar negeri tidak produksi. Akhirnya ditawarin vaksin dari dia, harganya lebih murah. Kita beli 130 ampuls, per ampulsnya seharga Rp200 ribu,” katanya.

 

Terkait vaksin lain yang sudah dibeli tahun-tahun sebelumnya, Toniman sendiri mengaku tidak yakin apakah itu palsu atau bukan. Pihaknya kadang membeli vaksin ke distributor melalu pengadaan rumah sakit atau membeli secara pribadi kepada penjual tertentu.

 

“Nah ini yang kita belum yakin, karena penganggarannya beda. Kita beli sama orang, tapi orangnya beli dari mana kan kita tidak tahu,” jelasnya.

 

Toniman juga mengaku tidak mengetahui secara pasti kandungan vaksin palsu tersebut, karena secara kasat mata sangat mirip. Terkait kerugian yang ditimbulkan jika menggunakan vaksin paslu tersebut, Toniman menjelaskan berdasarkan keterangan Kementerian Kesehatan bahwa isi vaksin tidak berbahaya bagi tubuh anak, hanya saja anak tidak mendapat kekebalan tubuh.

 

“Jadi sama saja seperti tidak disuntik vaksin, kekebalan tubuhnya tidak ada, menurut ahlinya begitu,” jelasnya.

 

Setelah mengetahui pihaknya kedapatan vaksin palsu, Toniman mengatakan bahwa pihak rumah sakit, langsung mendata ulang pasien yang minta divaksin ulang. Untuk langkah selanjutnya, RSIA Mutiara Bunda akan menunggu arahan Kemenkes yang rencananya akan melakukan vaksin ulang.

 

“Katanya ini tambalan, bukan suntik regler. Tapi dosisnya berapa, kapan waktunya, apa hanya sekali disuntik, itu nunggu arahan Menkes. Kita sih siap saja,” katanya.

 

TANGSEL
Polisi Bubarkan Pelajar SMA Hendak Bagi-bagi Takjil di Pondok Aren Tangsel, Ini Sebabnya

Polisi Bubarkan Pelajar SMA Hendak Bagi-bagi Takjil di Pondok Aren Tangsel, Ini Sebabnya

Minggu, 24 Maret 2024 | 15:54

Anggota Polsek Pondok Aren menghentikan konvoi pelajar SMA yang melintas di perempatan Electronic City, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Sabtu 23 Maret 2024.

TOKOH
Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Mengenal Baden Powell dan Sejarah Dicetuskannya Pramuka

Kamis, 22 Februari 2024 | 15:37

Praja Muda Karana atau Pramuka merupakan gerakan kepanduan paling populer yang dicetuskan oleh Baden Powell.

HIBURAN
Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Lagi Viral di TikTok, Begini Cara Lihat Tahun Lama di Aplikasi Google Maps

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:35

Baru-baru ini tengah viral di media sosial TikTok sebuah tren melihat tahun lama di aplikasi Google Maps.

OPINI
Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Ramadan Bulan Ampunan, Utang Pinjol Malah Bertebaran

Rabu, 20 Maret 2024 | 15:57

Ramadan adalah bulan suci yang identik dengan ampunan dan bulan penuh ketakwaan. Namun, nyatanya hal ini tidak menjadikan pelaku kemaksiatan berkurang. Salah satu kemaksiatan yang semakin marak adalah pinjaman online atau pinjol.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill