Connect With Us

PLTSa Rawa Kucing Tangerang Tunggu Kementerian Keuangan

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 18 Oktober 2016 | 15:10

TPA Rawa Kucing Kota Tangerang. (Dira Derby / Tangerangnewscom)

TANGERANGNews.com-Progres pembangunan pembangkit listrik berbasis sampah (PLTSa) di Kota Tangerang saat ini masih menunggu arahan dari Kementrian Keuangan (Kemenkeu) dan International Finance Corporation (IFC).

“Kalau kita (Pemkot) sudah all out persiapan kita sudah selesai. Justru kita nunggu dari Kemenkeu dan IFC. Belum lagi dari Mendagri terkait penentuan Tipping Fee-nya. Maka masih kita tunggulah perkembangannya,  karena kita tunggu dari presiden sebab presiden yang berwenang," papar Wali Kota Arief R Wismansyah saat menghadiri undangan Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman di Hotel Grand Zuri BSD Serpong, Senin (17/10) kemarin. 

Dalam pertemuan tersebut, pihaknya berkoordinasi bersama tujuh kabupaten kota dan satu provinsi yang mendapatkan tugas Perpres kaitan pembangkit listrik tenaga sampah. Hal tersebut guna mempercepat realisasi PLTSa di Kota Tangerang.

“Juga dibahas permasalahan-permasalahannya apa, kendala-kendalanya apa," kata Arief.

Proyek PLTSa tersebut merupakan proyek Nasional yang didasarkan pada Perpres No 18/2016 yang menunjuk tujuh kota/kabupaten termasuk Kota Tangerang sebagai pilot project PLTSa. Dan konon dari sampah yang dihasilkan oleh masyarakat Kota Tangerang yang mencapai 1.000 ton lebih/hari akan menghasilkan 12 MW listrik.

 

Arief menegaskan, bahwa pihak Pemkot Tangerang terus berkomitmen untuk melakukan pembenahan terkait pengelolaan sampah di Kota Tangerang baik melalui pemanfaatan teknologi maupun dengan mengoptimalkan peran masyarakat. 

"Yang lebih penting dari itu kan bagaimana sampah dikelola dengan baik tanpa mencemari lingkungan," tegasnya.

KOTA TANGERANG
KPU Kota Tangerang Buka Seleksi PPK Pilkada 2024

KPU Kota Tangerang Buka Seleksi PPK Pilkada 2024

Selasa, 23 April 2024 | 16:35

Seleksi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kota Tangerang telah dibuka.

SPORT
Cetak Atlet Kelas Dunia, PLN Gelar Kejuaraan Voli

Cetak Atlet Kelas Dunia, PLN Gelar Kejuaraan Voli

Selasa, 23 April 2024 | 14:52

PT PLN (Persero) menggelar ajang PLN Mobile Proliga 2024, yakni turnamen voli profesional yang diharapkan akan mencetak atlet-atlet voli Indonesia berkelas dunia.

TANGSEL
Usai Didemo Warga, BRIN Kembali Buka Jalan Raya Puspitek

Usai Didemo Warga, BRIN Kembali Buka Jalan Raya Puspitek

Selasa, 23 April 2024 | 15:22

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kabulkan tuntutan warga mengenai pembatalan penutupan Jalan Ray Puspitek yang menghubungkan kawasan Muncul, Kecamatan Setu, Kota Tangsel dengan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

BANDARA
Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Imbas Erupsi Gunung, AirNav Perpanjang Penutupan Bandara Sam Ratulangi Manado 

Kamis, 18 April 2024 | 15:03

Gunung Ruang di Sulawesi Utara mengalami erupsi dengan ketinggian letusan mencapai 3725 meter di atas permukaan laut pada Rabu, 17 April 2024.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill