Connect With Us

Pemkot Berikan Dispensasi Pengurusan Akte Lahir Gratis

| Selasa, 8 Desember 2009 | 15:43

kartu keluarga (tangerangnews / tangerangnews/dira)

 
TANGERANGNEWS-Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) memberikan dispensasi pengurusan akta catatan sipil bagi kelahiran anak tahun 2006 ke bawah, tidak mensyaratkan penetapan di Pengadilan Negeri.
 
Artinya, kepengurusan akte lahir masih akan diurus di Disdukcapil secara gratis dengan batas waktu hingga 31 Desember 2010.
 
“Kami memberikan dispensasi untuk mempermudah masyarakat. Untuk itu masyarakat dihimbau untuk segera mengurus akta kelahiran seiring dengan visi catatan sipil bahwa mulai tahun 2011 semua anak yang lahir harus memiliki akta kelahiran,” ujar
Kepala Disdukcapil Herman Maksudi, siang ini.
 
Dia menjelaskan, bahwa akta kelahiran diperlukan bukannya hanya terkait kelengkapan hukum sebagai warga Negara semata tetapi juga untuk kepentingan statistic dan pemanfaatan data terkait institusi serta hak anak. “Pemberian dispensasi pelayanan pencatatan kelahiran berlaku hingga 31 Desember 2010,” tegasnya.
 
Adapun dispensasi pencatatan akta sipil ini bagi kelahiran tahun 2006 kebawah ditujukan bagi anak dari pasangan suami istri, anak seorang ibu, dan anak yang tidak diketahui asal-usulnya.
 
Mereka akan mendapatkan dispensasi berupa pengurusan akta kelahiran di Disdukcapil Kota Tangerang.“Hal ini sejalan dengan visi catatan sipil bahwa mulai tahun 2011 semua anak yang lahir harus tercatat akta kelahirannya.” tegasnya.(dira)

OPINI
Ironi Kesenjangan Sosial Sedalam Jurang

Ironi Kesenjangan Sosial Sedalam Jurang

Kamis, 19 September 2024 | 15:42

Faktanya dapat dilihat dengan sangat jelas dan gamblang, bahkan dengan menutup mata sekali pun, bagaimana kesenjangan antara rakyat dan tuan penguasa seperti jurang. Padahal jeritan rakyat jelas terdengar.

BISNIS
Tarik Investor, PLN Lakukan Transmisi Listrik Energi Bersih

Tarik Investor, PLN Lakukan Transmisi Listrik Energi Bersih

Kamis, 19 September 2024 | 19:06

Dalam rangka meningkatkan investasi di sektor industri, PT PLN (Persero) melakukan upaya penyediaan energi bersih melalui pengembangan transmisi listrik.

MANCANEGARA
Sejumlah WNI Diduga Jadi Korban Penyekapan dan Penyiksaan di Myanmar

Sejumlah WNI Diduga Jadi Korban Penyekapan dan Penyiksaan di Myanmar

Rabu, 11 September 2024 | 16:50

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI telah memonitor beredarnya dua video yang diduga para Warga Negara Indonesia (WNI) yang mengaku disekap dan disiksa perusahan online scam di Myawaddy, Myanmar.

""Kekuatan dan perkembangan datang hanya dari usaha dan perjuangan yang terus menerus""

Napoleon Hill